Tips Aman Menggunakan Henna yang Perlu Anda Tahu

0
113
Tips aman menggunakan henna
Ilustrasi - Pixabay

Penggunaan henna pada pengantin wanita sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia. Tidak hanya untuk mewarnai kuku, henna juga digunakan untuk melukis permukaan tangan dan kaki. Budaya ini nyatanya sudah menjadi tradisi di negara-negara Timur Tengah, Afrika dan India sejak 5000 tahun lalu.

Setelah terjadi akulturasi budaya, beberapa pernikahan tradisional pun memasukkan penggunaan henna ke dalam prosesi adatnya, misalnya saja prosesi malam bainai pada pernikahan adat Minangkabau dan mappacci pada pernikahan adat Bugis. Bahkan, banyak pengantin wanita yang tetap ingin menggunakan henna meski tidak termasuk dalam ritual adatnya.

Dalam prosesi pernikahan adat, biasanya masyarakat menggunakan daun pacar sebagai bahan untuk mewarnai kuku. Namun kini, ada beberapa produk henna (pewarna kuku dan tato temporer) yang berasal dari India. Anda bisa memilih, ingin henna dalam bentuk bubuk, semi bubuk, atau minyak (oil). Apapu jenis henna yang Anda pilih, pastikan itu produk asli yang tidak membahayakan. Yuk, simak tips di bawah ini!

Lebih Baik Pilih Henna Bubuk

Henna bubuk memiliki kemungkinan paling kecil untuk dipalsukan. Sebaliknya, henna jenis minyak (oil) lebih berisiko tercampur bahan kimia berbahaya, seperti pewarna rambut misalnya.

Lihat Kandungan Produk Henna

Ketika ingin memilih produk, perhatikan dulu kandungan atau komposisi yang terdapat dalam henna. Pastikan tidak ada bahan berbahaya seperti phenylendiamine, karena bisa menyebabkan kulit melepuh, bisul dan iritasi dalam waktu yang lama.

Lakukan Tes Pemakaian

Untuk Anda ketahui, ternyata tidak semua jenis kulit aman menggunakan henna. Bisa saja kulit Anda termasuk kulit sensitive sehingga bisa terkena iritasi jika menggunakan henna. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, ada baiknya untuk melakukan tes terlebih dahulu, yakni dengan menggunakan sedikit henna ke tangan, dan tunggu bagaimana reaksinya hingga 24 jam ke depan. Jika tidak terjadi iritasi, maka dipastikan henna tersebut aman untuk Anda.

Perhatikan Berapa Lama Henna Mengering

Henna yang asli membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengering dengan baik. Henna yang berkualitas tidak akan terlihat basah atau berminyak. Namun, henna juga tidak boleh terlalu kering sehingga dapat retak. Lebih baik gunakan pengering rambut agar henna cepat mengering. Selain itu, suhu tinggi bisa membuat warna henna lebih gelap dan bagus.

Teks: Elsa Faturahmah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here