Cara Padu-padan Gaya Pernikahan Tradisional dan Modern

0
211
suvenir
Ilustrasi - Dok. Bella Donna The Wedding

Tema pernikahan modern memang kian digandrungi oleh calon pengantin. Akan tetapi, bukan berarti gaya pernikahan tradisional lenyap begitu saja. Sebagai jalan keluar, banyak calon pengantin memilih untuk memadukan tema tradisional dan modern pada konsep pernikahan mereka.

Menggabungkan dua konsep sekaligus ini juga bukanlah hal baru di Indonesia. Selebriti tanah air seperti penyanyi Andien Aisyah dan Ipeh, juga Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu diketahui mengusung konsep ini dalam pesta pernikahan mereka.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memadukan konsep pernikahan modern dengan sentuhan tradisional ini. Mulai dari padu-padan dekorasi pernikahan, hidangan, hingga atribut pesta lainnya.

Sebagai inspirasi, kami hadirkan beberapa ide untuk mengawinkan konsep tema pernikahan tradisional dan modern.

Menyiasati Susunan Acara Pernikahan

Acara lempar bunga
Acara Lempar Bunga – Dok. Majalah Mahligai

Di Indonesia, acara pernikahan bukan hanya sekadar pesta pora semata, tetapi juga ada serangkaian ritual peninggalan leluhur yang dianggap sakral. Untuk itulah pernikahan tradisional masih dipertahankan. Agar konsep pernikahan tidak terkesan ‘campur aduk’ kamu bisa membagi acara menjadi dua sesi.

Misalnya, menggelar akad nikah/pemberkatan dan ritual adat secara tradisional di pagi hari, lalu dilanjut dengan resepsi pernikahan bergaya modern pada malam harinya. Cara ini juga menjadi yang paling dianggap mudah diterapkan.

Memadukan Dekorasi Pernikahan

Akses menuju Pelaminan – Dekor oleh Watie Iskandar

Ada berbagai cara kreatif untuk mewujudkan perpaduan tema tradisional dan modern. Salah satunya adalah melalui dekorasi pernikahan. Ekskplorasikan berbagai warna, bentuk, dan pernak-pernik dekorasi pernikahan. Misalnya, mengubah warna gebyok khas pelaminan Jawa yang umumnya coklat menjadi warna putih untuk memberi kesan modern.

Yang perlu digarisbawahi, konsultasikan kepada dekorator profesional untuk mewujudkan perpaduan dekorasi tradisional dan modern ini. Pahami ornamen tradisional yang biasanya sarat akan simbol atau makna tertentu. Tidak hanya itu, sebab ada juga beberapa adat di Nusantara yang dikenal ‘kaku’ dan tidak diperkanan untuk memodifikasi dekorasi pernikahan.

Penyajian Hidangan Pernikahan dengan Gaya Modern 

Tahu Telur Surabaya – Dok. Majalah Mahligai

Selain dari segi dekorasi pernikahan dan susunan acara, kamu juga dapat memadukan tema pernikahan tradisional dan modern melalui hidangan yang akan disajikan. Saat ini, kudapan tradisional mungkin semakin tergerus oleh pesatnya perkembangan kuliner yang kekinian. Namun, tak ada salahnya jika kamu ingin menghadirkan kembali camilan tradisional untuk hidangan resepsi pernikahan.

Bahkan, camilan tradisional yang memiliki cita rasa lokal ini bisa diserbu tamu undangan apabila kamu berhasil menyulapnya dengan tampilan yang menarik.

Modifikasi Busana Pengantin

zainal songket
Ilustrasi Dok Pribadi. Dok. Mahligai

Menurut Zainal Arifin dari Zainal Songket, kesan modern dapat ditampilkan dalam pemilihan busana. Calon pengantin bisa memodifikasi busana pengantin adat sesuai selera. Menurut pria yang juga pemandu adat Palembang ini, ia menyarankan agar pengantin tetap mengenakan kebaya dan kain songket sebagai ciri khas utama pengantin Palembang.

Selain itu, putra asli Palembang ini juga memaparkan untuk tidak menghilangkan prosesi adat dalam pernikahan tradisional. Sebagai jalan keluar, cukup mengurangi durasi waktu dan mengambil beberapa prosesi yang penting.(*)

 

DOK. MAJALAH MAHLIGAI
TEKS. TIM MAHLIGAI INDONESIA

LEAVE A REPLY