Tips Menghemat Bujet Dekorasi Pernikahan

0
64
dekorasi murah
Dok. Mahligai Indonesia

Dekorasi merupakan salah satu elemen perlengkapan pernikahan yang cukup penting dalam perencanaan pernikahan. Besar atau kecilnya bujet untuk dekorasi memang sangat relative bagi setiap pasangan calon pengantin. Meski demikian, harus diakui, biaya dekorasi dan venue lazimnya menempati urutan kedua setelah biaya makanan dan minuman.

Soal besar kecilnya bujet menjadi hal yang cukup sensitif dalam perencanaan pernikahan. Walau demikian, namun bukan hal yang tabu ketika keindahan dekorasi pernikahan harus ‘berkompromi’ dengan keterbatasan biaya.

Menyesuaikan tatanan dekorasi dengan bujet calon pengantin merupakan sebuah bentuk ‘kompromi’ tanpa harus meninggalkan keindahan. Penyesuaian bujet calon pengantin namun tetap harus dengan standar kualitas yang terjaga, merupakan salah satu kunci untuk menghasilkan dekorasi yang elegan.

Berikut ini beberapa panduan bagi calon pengantin untuk ‘berkompromi’ dengan biaya dekorasi, namun tetap bisa menghadirkan standar kualitas dekorasi yang indah dan tak terlupakan:

Konsep dan penataan dari awal akan memegang peranan yang penting. Walaupun tidak memakai bunga impor tetap bisa tampil cantik ditunjang dengan properti yang serasi dan penataan yang apik.

Pilih tema warna dan konsep dekorasi yang bisa ‘diisi’ dengan bunga lokal segar yang tak kalah indahnya dibanding dengan bunga impor. Bunga mawar lokal, seperti mawar, anggrek dan gerbera merupakan beberapa diantara jenis bunga ‘unggulan’ yang bisa disuplai dari pasar lokal dalam negeri, namun dengan kualitas yang bagus untuk menjadi bagian dari elemen dekorasi.

Diskusikan dengan pihak dekorator untuk ‘menyesuaikan’ dekorasi dengan bujet yang tersedia. Perlu ada kesepakatan bersama antara pihak managemen dekorator dan calon mempelai, agar mutu tetap terjamin & penampilan elegan tetap terpenuhi.

Pernak-pernik dekorasi dan properti yang lebih simpel dan modern dipadukan dengan warna bunga-bunga lokal yang cukup eksotis bisa menjadi pilihan keindahan tersendiri, asalkan disesuaikan tema pernikahan secara keseluruhan.

Selain bunga lokal, tak perlu ragu untuk menggunakan bunga-bunga ornamen artifisial yang dipadukan dengan teknik pencahayaan yang sesuai, agar memberi kesan ‘mahal’ dan elegan.

Minta dekorator memberikan sketsa dekorasi yang disesuaikan dengan besarnya ruang resepsi dan tema pernikahan Anda.

Berikan aksen menarik pada sudut-sudut ruangan tertentu dengan karya atau koleksi Anda sesuai tema. Selain bisa ‘menghemat’ pengeluaran untuk property dekorasi, Anda juga bisa memamerkan karya Anda kepada para undangan.

Anda bisa mengganti elemen lampu-lampu kristal yang (tentunya) mahal, dengan lilin-lilin yang ditempatkan dalam boks-boks dengan harga lebih terjangkau. Hasilnya, aura dramatis, hangat dan romantis tetap bisa Anda nikmati.

Teks. Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY