Tradisi Uang Panai Untuk Meminang si Gadis Bugis

0
36
Uang panai pernikahan bugis
Instagram/ allank_photograf

Ada banyak tradisi pernikahan di Indonesia yang layak dikenali dan dilestarikan sebagai warisan berharga. Ya, adat istiadat memberikan warna dan keunikan tersendiri bagi bangsa ini. Ragam aturan adat pernikahan yang harus dilalui biasanya mengandung nilai filosofis yang mengarahkan pelakunya untuk senantiasa membangun rumah tangga ideal dan jauh dari perceraian.

Di Makassar terdapat salah satu tradisi adat dalam pernikahan yang mensyaratkan uang panai yang harus dibayar oleh pihak laki-laki untuk meminang calon mempelai wanita. Meski digunakan untuk meminang, uang panai ternyata tidak termasuk dalam uang mahar. Uang panai dikatakan sebagai uang belanja, sedangkan mahar merupakan mas kawin saat menikah.

Jumlah uang panai yang harus dibayar oleh lelaki Bugis tidak bisa dibilang sedikit, tergantung dari latar belakang sang perempuan yang ingin dinikahi, baik dari faktor pendidikan ataupun faktor keturunan. Semakin tinggi tingkat pendidikan seorang wanita yang ingin dipinang, semakin besar pula uang panai yang harus dibayar.

Baca Artikel Ini:Serba-Serbi Tradisi Pernikahan Adat Bugis Makasar

Atau jika sang perempuan berasal dari keluarga bangsawan, meski tingkat pendidikannya rendah, tetap bisa mendapatkan uang panai yang besar. Besarnya uang panai juga dapat dikondisikan sesuai kesepakatan dari kedua belah pihak.

Budaya uang panai ini kerap dikaitkan dengan kebiasaan lelaki Bugis yang suka merantau keluar daerah dengan cara melaut pada zaman dulu. Hal tersebut dilakukan untuk mengumpulkan uang dan kekayaan yang kemudian akan dibawa kembali ke Makassar untuk meminang gadis Bugis pujaannya.

Sepintas tradisi uang panai memang tampak matrealistis, namun dibaliknya tersimpan makna yang cukup dalam. Panai dimaksudkan sebagai rasa penghargaan oleh pihak calon mempelai pria kepada calon isterinya.

Orang Bugis menganggap bahwa perempuan adalah makhluk Tuhan yang sangat berharga sehingga perlu keseriusan untuk mendapatkannya. Tingginya harga panai akan membuat pihak lelaki berpikir untuk tidak menceraikan isterinya dikemudian hari, mengingat pengorbanan yang harus dilakukan saat meminang tidaklah mudah.

Baca Juga: Enam Hal Penting Prosesi Mappacci Pengantin Bugis Makassar

Teks: Elsa Faturahmah

LEAVE A REPLY