Tari Tradisional Jawa untuk Pesta Pernikahan yang Lebih Meriah

0
3981
Tari Tradisional Jawa untuk Pernikahan adat Jawa - Gatotkaca Gandrung
Dok. Bella Donna/ Elsa Faturahmah

Anda ingin menggelar resepsi pernikahan adat Jawa? Pastikan Anda telah menyiapkan segala hal untuk menjadikan hari bersejarah Anda lebih istimewa.

Ya, pernikahan merupakan sebuah acara sakral sekaligus menjadi hari paling bersejarah di kehidupan kedua mempelai. Di hari istimewa tersebut tentu Anda ingin berbagi kebahagiaan bersama keluarga dan kerabat lainnya.

Nah, jika Anda menggelar pernikahan adat Jawa, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak menyuguhkan pertunjukkan seni tari tradisional khas Jawa. Selain menghibur, ini juga merupakan bentuk pelestarian budaya yang sudah mulai tergerus zaman. Lagi pula, menyewa penari tradisional tidak membutuhkan terlalu banyak biaya.

Berikut ada beberapa pilihan tarian tradisional Jawa yang bisa dijadikan hiburan dalam acara pernikahan Anda.

Tari Edan-Edanan

Tari Tradisional Jawa untuk Pernikahan adat Jawa -
Dok. Bella Donna/ Elsa Faturahmah

Seni tari yang berasal dari Yogyakarta ini dulunya hanya diperuntukkan untuk pernikahan kalangan keraton saja. Namun kini, ada banyak mempelai yang menghadirkan tari edan-edanan. Ini merupakan tari penolak bala yang dilakukan sepasang penari laki-laki dan perempuan yang didandani menyerupai badut serta mengenakan pakaian khas Jawa. Tarian ini dimaksudkan untuk mengusir rah jahat yang mengkin bisa mengganggu pelaksanaan panggih (prosesi bertemunya kedua mempelai setelah sah menikah) dan menolak bala agar acara berjalan lancar tanpa kendala.

Tari Gatotkaca Gandrung

Tari Tradisional Jawa untuk Pernikahan adat Jawa - Gatotkaca Gandrung
Dok. Bella Donna/ Elsa Faturahmah

Janis tarian yang diambil dari kisah pewayangan ini menceritakan tentang kesatria Gatotkaca yang jatuh hati pada seorang putri Arjuna bernama Pergiwa Manis dan Romantis, demikianlah yang tergambar dari tarian yang konon mulai muncul pada masa pemerintahan mangkunegara V kesultanan Surakarta ini.

Tari Gambyong

Tari Tradisional Jawa untuk Pernikahan adat Jawa -
www.negerikuindonesia.com

Tari Jawa klasik yang berasal dari wilayah surakarta ini dulunya merupakan tarian yang bertujuan untuk kesuburan padi dan perolehan hasil panen yang melimpah, namun saat ini tari gambyong kerap dihadirkan untuk menyambut tamu dalam beberapa acara khusus seperti pernikahan.

Tari Bedaya Manten

Tari Tradisional Jawa untuk Pernikahan adat Jawa - Bedhaya Manten
yulsiaprahaniss.blogspot.co.id

Untuk acara pernikahan yang lebih meriah, tak ada salahnya jika Anda menghadirkan tari Bedaya Manten yang merupakan tarian khas Keraton Yogyakarta. Konon tarian ini bercerita tentang pernikahan manusia yang sedang menjalankan prosesi panggih, yakni momen sakral bertemunya kedua pengantin untuk pertama kalinya sebagai sepasang suami isteri. Romantis, bukan?

Lawung Ageng

Tari Tradisional Jawa untuk Pernikahan adat Jawa -
ariana-myjourney.blogspot.co.id

Tari tradisional khas keraton lainnya adalah Tari lawung agung yang merupakan ciptaan Sultan HB I. Tarian perang ini menampilkan gaya penari yang energik dan bersemangat.

Teks: Elsa Faturahmah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here