Tips Tata Rias untuk Pengantin Tradisional yang Berhijab dari Sanggar Liza

0
2428
Instagram - Fitriliza dan Sanggarliza

MEMAKAI hijab bukanlah menjadi alasan untuk Anda yang ingin dengan tata rias dan busana pengantin tradisional saat hari pernikahan. Pasalnya, kini telah banyak inovasi yang diberikan oleh sanggar rias pengantin untuk menyiasati tata rias pengantin tradisional namun sesuai dengan syariat Islam. Salah satunya adalah sanggar rias pengantin, Sanggar Liza.

Kepada Tim Mahligai Indonesia, Fitri Liza dari Sanggar Liza mengaku bahwa ia semakin banyak menangani wanita berhijab yang ingin memakai tata rias dan busana pengantin tradisional. Nah, jika itu pula yang menjadi pilihan Anda saat hari pernikahan nanti, mari kita simak tips tata rias untuk pengantin tradisional yang berhijab dari Fitri Liza.

Perhatikan Bahan Hijab

pengantin hijab
Dok. Instagram

Salah satu ciri khas pengantin tradisional ialah adanya pemakaian aksesori yang banyak dikenakan di bagian kelapa. Misalnya, penggunaan aksesori cenduk menthul pada Pengantin Jawa dan mahkota siger untuk pengantin Sunda. Maka bagi pengantin yang berhijab, fungsi hijab bukan hanya untuk menutup aurat, tetapi juga berfungsi mengaplikasikan aksesori kepala.

Untuk itulah pentingnya memerhatikan kualitas bahan hijab yang dikenakan menurut Fitri. Pilihlah hijab dengan kualitas bahan dan warna yang sesuai dengan riasan tradisional. Fitri menyarankan bahan tille atau kaos yang memiliki tekstur tipis agar mudah diaplikasikan mahkota atau perhiasan kepala khas dari pengantin tradisional.

Tidak Mencukur Alis

Mencukur alis merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh pengantin wanita demi menyesuaikan tata rias sesuai adat pernikahan tertentu. Namun ternyata menurut Fitri, tak sedikit pengantin berhijab yang memilih untuk tidak melakukan hal tersebut. Sebab, dalam ajaran Islam sendiri mencukur alis termasuk perbuatan yang tidak diperbolehkan.

Pilih Penata Rias yang Cocok

Memilih penata rias atau MUA untuk hari pernikahan memang gampang-gampang sulit. Pasalnya, MUA akan berperan penting untuk mempercantik penampilan pengantin di hari yang istimewa. Fitri pun berbagai trik memilih MUA untuk hari pernikahan. Menurutnya, calon pengantin bisa mulai mencari MUA dengan melihat portfolio mereka, baik itu melalui Instagram atau melihat langsung hasil kerjanya. Calon pengantin bisa meminta untuk melakukan test makeup agar semakin yakin kepada MUA yang dituju .

Fitri juga menambahkan bahwa sangat penting memastikan calon pengantin dengan sang pengantin memiliki chemistry yang baik. Artinya, calon pengantin perlu memercayai sang MUA untuk mempercantik penampilannya di hari pernikahan.

Perlukan Mengikuti Gaya Riasan yang Sedang Tren?

Gaya mata barbie atau pipi demam ialah beberapa contoh model riasan yang kini sedang menjadi tren.  Namun menurut Fitri, untuk pengantin tradisional gaya riasan tersebut kuranglah cocok. Untuk itulah, Sanggar Liza sendiri lebih mengedepankan gaya riasan yang long lasting namun tetap tak ketinggalan zaman. Diharapkan, gaya riasan tersebut membuat pengantin terlihat cantik dan manglingi, tanpa merubah karakter mereka. (*)

 

INTAN WIDIASTUTI

 

LEAVE A REPLY