Yang Harus Dilakukan Setahun Menjelang Pernikahan Tradisional

0
118
Foto: Dok. Mahligai Indonesia

Anda berencana menggelar resepsi pernikahan tradisiona? Ya, Pernikahan tradisional memiliki serangkaian upacara yang diselenggarakan dengan seksama dan melibatkan para pemandu adat. Berbagai simbol adat dan tradisi yang bermakna mulia seakan menjadi sebuah atraksi mengagumkan. Kemudian, rangkaian prosesi adat ditutup manis dengan sebuah perayaan yang mengusung kemegahan dan keindahan selaiknya menyambut penobatan sang raja dan ratu sehari.

Perencanaan yang detil dan seksama adalah kunci kesuksesan sebuah perhelatan besar pernikahan. Untuk itu, Anda perlu persiapan setahun sebelum hari pernikahan. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan oleh Anda beserta keluarga untuk mempersiapkan dan mengatur agenda kerja untuk pelaksanaan pernikahan tradisional? Berikut adalah hal yang perlu Anda lakukan setahun sebelum hari pernikahan tradisonal:

Berdiskusi dengan keluar

Untuk menggelar suatu pesta pernikahan idaman, Anda dan pasangan perlu melibatkan keluarga untuk mendiskusikan beberapa hal, seperti menentukan adat apa yang akan diusung dan berapa jumlah tamu undangan yang akan datang nantinya.

Mempertimbangkan lokasi acara pernikahan

Setelah konsep adat pernikahan dan jumlah tamu undangan selesai ditetapkan, saatnya Anda mencari lokasi yang sesuai dengan konsep dan jumlah tamu tersebut. Terkadang memang sukar mencocokkan ketersediaan venue dengan tanggal yang diinginkan. Setelah menentukan konsep, tema dan gaya pernikahan, berdiskusilah untuk menentukan nama-nama perusahaan jasa yang bergerak di bidang pernikahan, yang sekiranya cocok dengan konsep Anda. Nah, karena lokasi pernikahan yang amat terbatas, sebaiknya kamu melakukan pemesanan setahun sebelum hari pernikahan.

Baca Artikel Ini: Pernikahan Tradisional Berkonsep Outdoor Irfan & Harum

Survei semua vendor yang dibutuhkan

Ada beberapa vendor yang akan Anda butuhkan untuk mebantu menyiapkan resepsi pernikahan, antara lain perencana pernikahan, pemandu adat, tempat akad/ pemberkatan/ upacara pernikahan, dekorasi, busana pengantin, undangan. Fotografi (biasanya sekaligus videografi) hingga suvenir.

Datang ke pameran dan acara pernikahan kerabat

Mengikuti pameran dan menghadiri beberapa pernikahan kerabat dapat menambah referensi Anda. Pilihlah kira-kira dua sampai tiga vendor terlebih dahulu sebagai perbandingan.

Berdiskusi dan belajar soal pernikahan adat

Jika perencana pernikahan Anda memahami soal adat yang dipesan khusus, maka sempatkanlah waktu Anda untuk berdiskusi juga. Ingat, dalam pernikahan tradisional, keinginan Anda akan bertemu dengan beberapa pakem adat. Sehingga sebaiknya Anda mempersiapkan diri untuk lebih koperatif dan mau belajar agar mendapatkan rangkaian acara adat yang bagus dan sesuai.

Teks: Tim Mahligai-Indonesia

LEAVE A REPLY