5 Kerajinan Alami Asal Nusantara Ini Benar-Benar Keren

0
137
Foto: dasartukangpamer.files.wordpress

Kerajinan tangan memang tak bisa dipandang begitu saja. Kerajinan tangan yang masuk kerajinan alami ini memang unik dan oke untuk ditata dan dipakai. Apa saja?

 

#1  Kerajinan Bahan Alam dari Kayu

Negeri nusantara ini punya banyak hutan tropis, sehingga persediaan kayu negeri kita terbilang besar. Ada kayu jati, kayu ulin, kayu mahoni dan masih banyak kayu lainnya. Kerajinan kayu pun jadi kerajinan yang khas untuk negeri ini.

Berbagai bentuk kayu bisa diubah menjadi kursi, meja, pajangan, hingga pahatan karya seni yang tentu saja jadi indah dilihat mata. Ya, kerajinan kayu pun menjadi kerajinan yang sudah ditekuni sejak dulu.

 

#2  Kerajinan Serat Alam

Menurut situs Kerajinan, kerajinan tangan serat alam adalah kerajinan yang dibuat dari bahan serat tanaman.

Apa saja bahan serat tanaman yang dipakai? Seperti batang, daun, dan tanaman-tanaman lain yang punya serat.

Oh ya, bahan-bahan ini sendiri diperhatikan lagi kualitasnya sebelum dirakit menjadi bahan produk tertentu. Karena harus diketahui juga tingkat kekuatan, kelenturan dan seberapa awet bahan tersebut.

 

Baca juga: Apakah Anda Tahu? Senjata Tradisional Ini Punya Indonesia, lho!

 

#3  Kerajinan Gerabah

Gerabah adalah barang yang dibuat cukup dengan tanah liat. Misalnya saja, periuk, belang, tempat air dan lainnya. Sebenarnya jika dilihat dari kualitas bahan yang dipakai, gerabah nyaris sama dengan keramik.

Tapi masyarakat pengrajin menganggap keramik dan gerabah adalah dua kerajinan terpisah. Nggak bisa dianggap sama. Keramik adalah benda pecah-belah yang permukaannya halus (seperti vas bunga), sedangkan gerabah – seperti yang disebut tadi.

 

Foto: 3.bp.blogspot

 

#4  Kerajinan Keramik

Kerajinan keramik ini seperti yang sudah kita tahu adalah kerajinan yang menggunakan bahan-bahan baku dari tanah liat. Pengerjaannya sendiri melewati beberapa proses yang berbeda. Seperti teknik butsir, pili, pijit dan glatsir.

 

Baca juga Warna-warni Peranti Saji Negeri Ini

 

#5  Kerajinan Teko dan Poci

Poci dan teko jadi benda yang dipakai sebagai tempat penampungan teh dan campuran herbal lain – dengan air panas. Kerajinan ini memang terbilang khusus untuk kebutuhan dapur saja – tapi termasuk penting, apalagi buat mereka yang suka meminum kopi dan teh!

 

 

 

 

OJ (Berbagai sumber)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here