Bertandang ke Tiga Surga Tersembunyi di Selatan Borneo

0
44
puncak halau halau
Puncak Halau Halau - Instagram | @mbudii

Masih sekitar dua bulan lagi menuju libur panjang akhir tahun. Namun, tak ada salahnya jika Anda memilih destinasi wisata dari sekarang untuk menghabiskan waktu di masa liburan nanti. Jika sudah bosan dengan destinasi wisata mainstream, bagaimana jika akhir tahun nanti Anda berkunjung Kalimantan Selatan?

Wilayah selatan Borneo ini ternyata menyimpan sejuta pesona yang tak boleh terlewatkan bagi para pemburu keindahan alam. Provinsi dengan ibukota Banjarmasin ini memiliki hampir semua jenis objek wisata alam seperti laut, pantai, danau, dan gunung. Jika Anda berniat untuk mengunjungi Kalimantan Selatan, jangan lupa untuk menikmati keindahan wilayah ini di destinasi berikut:

Melihat Ikan Nemo di Pantai Angsana

pantai angsana
Pemandangan Pantai Angsana – Dok. Mahligai

Masih ingat dengan film Finding Nemo? Sebuah film produksi animasi Pixar, yang mengangkat ikan badut atau ikan anemon (Amphiprion perculau) menjadi tokoh Nemo. Nah, bila Anda ingin menemui ikan cantik ini secara langsung, berkunjunglah ke Pantai Angsana. Di pantai ini terdapat lokasi terumbu karang di mana Anda akan menemui ikan nemo saat menyelam. Bahkan, daerah tersebut dijuluki sebagai Kerajaan Nemo.

Terletak di kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, perjalanan ke Pantai Angsana dari Kota Bajarmasin memakan waktu selama 5 jam. Di Pantai Angsana, terdapat tiga lokasi favorit penyelaman terumbu karang yaitu, Batu Anjir, Karang Kima, dan Batu Bajangan. Karang yang paling dominan di lokasi ini ialah jenis acropora atau karang keras. Sedangkan untuk jenis ikan, tentu saja si ikan badut, anemo. Perlu diketahui, anemon adalah jenis ikan yang tergolong beracun. Jadi selalu jaga keselamatan saat menyelam.

Menyelami Keindahan Alam di Teluk Tamiang

teluk tamiang
Teluk Tamiang – Photo Adi Murdani

Kalimantan Selatan tepatnya di Kabupaten Kotabaru, juga memiliki potensi wisata bawah laut yang tak kalah dengan daerah lain. Hampir sepanjang garis pantai kawasan di penghujung Pulau Laut memiliki air laut jernih, pasir putih, dan tumbuh subur terumbu karang beraneka warna dan jenis.  Di sekitar Teluk Tamiang terdapat dua buah pulau yang saling berdekatan yaitu Tanjung Tengah dan Tanjung Kunyit yang dikelilingi oleh terumbu karang.

Di Tanjung Kunyit pantainya memang tidak terlalu luas, tetapi pasirnya putih bersih. Jika air laut sedang surut pasirnya akan bertambah banyak karena munculnya gusung. Di atas bukit terdapat sebuah mercusuar yang dibangun pada masa penjajahan Belanda. Dari puncaknya kita dapat melihat pulau-pulau kecil yang berada dalam wilayah perairan Kotabaru. Dua buah pulau yang saling berdekatan ini, jika dilihat dari ketinggian seolah menyatu dengan daratan sekitar. Indah sekali.

Trekking di Pegunungan Meratus

puncak halau halau
Puncak Halau Halau – Instagram | @mbudii

Pegunungan Meratus, Kalimantan Selatan, menyimpan kekayaan alam yang sangat besar. Bagi penggemar jelajah gunung (trekking), kawasan pegunungan yang masih perawan ini sangat menantang untuk dikunjungi.

Desa Kiyu yang berada di kecamatan Batang Alai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Tengah adalah salah satu pintu gerbang ideal untuk memulai petualangan trekking di hutan Pegunungan Meratus. Lainnya bisa diakses melalui Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Rute trekking dibuka dengan melewati pemukiman Suku Dayak Meratus yang menjadi tempat berkumpulnya para pendaki sebelum memasuki kawasan hutan adat menuju puncak tertinggi Pegunungan Meratus, Puncak Halau Halau (1901 meter dpl). Di pemukiman Suku Dayak Meratus pula para pendaki akan meminta izin kepada damang atau kepala adat.(*)

Teks. Adi Murdani & tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY