8 Kebiasaan Ini Kerap Dilakukan orang Indonesia Saat Lebaran

0
42
Tradisi Lebaran di Indonesia
Ilustrasi - Freepik

Hari Raya Lebaran menjadi hari suka cita yang ditunggu-tunggu setelah sebulan berpuasa. Untuk menyemarakkan hari raya, masyarakat Indonesia memiliki ragam tradisi yang menarik dan penuh makna. Apa saja keunikan tradisi yang kita miliki? Ini dia penjabarannya!

Mudik

Tidak dapat dipungkiri, sejak zaman dulu, masyarakat Indonesia gemar merantau. Karena itu, setiap lebaran para perantau berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari raya bersama keluarga.

Ternyata budaya ini pun berpengaruh dengan peraturan pemerintah setiap tahunnya, terutama soal penentuan hari libur lebaran, perbaikan jalan, hingga perbaikan sarana transportasi umum. Bahkan, ada beberapa perusahaan yang menawarkan mudik gratis untuk para karyawannya, lho.

Halal Bi Halal

Saling berkunjung ke rumah kerabat dekat untuk bersilaturahmi sekaligus bermaaf-maafan menjadi pemandangan yang lumrah ditemui saat lebaran. Acara halal bi halal seperti ini bahkan masih dirayakan meski sudah melewati momen lebaran.

Baju Baru

Baju baru kerap diidentikkan dengan hidup baru di hari yang suci. Ya, saat lebaran, masyarakat saling bermaaf-maafan dan kembali fitri untuk menjalankan hidup yang baru.

Makan Ketupat

Siapa yang sudi melewatkan kelezatan makanan khas lebaran satu ini? Ya, ketupat yang dipadukan dengan lontong sayur, opor ayam, rendang, atau semur merupakan kenikmatan yang hanya bisa ditemui di hari raya.

Pawai Takbir Keliling

Semarak Idul Fitri selalu diwarnai dengan kumandang takbir semalaman penuh. Namun, di Indonesia takbir tidak hanya terdengar dari speaker masjid saja, beberapa masyarakat kerap melakukan pawai takbir berkeliling kampung, ada yang dengan berjalan kaki, ada pula yang memakai kendaraan bermotor.

Tunjangan Hari Raya (THR)

Berbahagialah Anda para karyawan yang bekerja di Indonesia, karena setiap lebaran akan ada THR yang dibagikan oleh perusahaan dengan jumlah sesuai ketentuan dari pemerintah. Selain itu, para orang dewasa juga kerap melakukan “salam tempel”, yakni membagikan uang kepada anak-anak kecil ketika bersalaman.

Ziarah Kubur

Hari raya juga menjadi momen untuk menengok dan mendoakan keluarga yang telah berpulang. Biasanya tradisi ini dilakukan selepas shalat Idul Fitri.

Petasan

Tidak hanya pada perayaan tahun baru, saat lebaran petasan dan kembang api juga menjadi benda favorit yang kerap diburu oleh masyarakat.

Teks: Elsa Faturahmah

LEAVE A REPLY