Aneka Pertunjukan Seni Saat Prosesi Pernikahan Adat Part-1

0
29
Pernikahan Adat
Instagram/ dilafarah

Tarian, nyanyian dan musiK adalah pelengkap dari rangkaian tata cara tradisi pernikahan. Warisan budaya nusantara ini telah diturunkan sejak zaman dahulu untuk dipertunjukkan saat mengadakan hari berbahagia ini. Tidak hanya sekadar hiburan, namun juga luapan kegembiraan sang mempelai di hadapan para tamunya.

Tarian dan musik adalah bentuk ekspresi kultural. Setiap daerah memiliki kekhasan sendiri dalam tarian dan nyanyian untuk mengiringi mempelai dalam upacara pernikahan. Di budaya apapun, musik dan tarian memainkan bagian penting dalam upacara pernikahan. Sempurnanya sebuah tarian dan alunan musik seakan mengiring pengantin dan para tamu ke dalam kemeriahan suasana.

Minang

Pernikahan Adat
Instagram/ ranggapramitrasyofnevil

Iringan Marapulai dan Anak Daro melangkah maju menuju pelaminan bersulam cahaya keemasan nan mewah. Dengan didahului dengan tari penyambutan dan Tari Piring atau Tari Payung yang menemani langkah mereka. Tari payung sendiri menggambarkan kasih sayang sepasang kekasih yang diibaratkan dengan sebuah payung sebagai pelindung dan sebagai bentuk bahwa keduanya melangkah beriringan menuju satu tujuan, yakni mahligai rumah tangga yang bahagia. Diiringi dengan musik talempong atau sering dikenal Gendang Tabuik yang posisinya ada di belakang iring-iringan pengantin. Lagu khas Minang berjudul Babendi-bendi ke Sungai Tanang mengiringi tarian yang dimulai dengan tempo labat hingga cepat. Rancak nian pengantin Minang!

Palembang

Pernikahan Adat
Instagram/ bedirudat

Kilasan kemegahan akan kejayaan masa lalu menjadi latar ciri khas dan budaya negeri seribu sungai ini. Bagaimana tidak, warna emas menjadi dominan ketika pergelaran pernikahan digelar. Kilau keemasan dan kemewahan terlihat dari rangkaian prosesi yang menyertakan ornamen dan aksesori menawan. Diawali dengan tarian cantik berjuluk tari Lilin, beberapa gadis membawakannya dengan lentik sebagai pengantar sang mempelai menuju pelaminan. Tari Lilin diibaratkan sang pengantin perempuan yang ceria semasa gadisnya.

Satu lagi tarian yang menjadi ritual wajib untuk ditarikan pengantin perempuan. Tarian yang terkenal dari negeri Sriwijaya ini berjuluk Tari Pagar Pengantin. Tarian ini merupakan simbol pengantin wanita untuk melepaskan masa lajang di hadapan mempelai pria. Ditarikan oleh pengantin wanita diiringi 3, 5 sampai 7 orang penari wanita yang biasanya adalah saudara perempuannya. Tarian ini adalah tarian terakhir sang mempelai. Sedang sang pengantin wanita menari di tengah sebuah nampan besar (dulang, Bahasa Palembangnya), pengantin pria berdiri di belakang dan memperhatikan gerakannya. Semua gerak yang ditarikan menegaskan bahwa kelak sang isteri mempunyai ruang gerak terbatas karena sudah menikah dan sang mempelai pria siap menjaga dan menjadi pelindung isteri.

Lampung

Pernikahan Adat
Instagram/ sanggarbungamayang

Menara Siger adalah pesona keindahan yang menjadi simbol dari Lampung. Menara Siger berupa bangunan berbentuk mahkota terdiir dari Sembilan rangkaian yang melambangkan Sembilan macam Bahasa di Lampung. Menara Siger berwarna kuning dan merah, mewakili warna emas dari topi adat pengantin wanita.

Sebagai budayanya, sang mempelai Lampung akan mengenakan Menara Siger sebagai penghias kepalanya. Diiringi dengan musik Jidur yang dipakai untuk mengiringi (Ngarak) pengantin di depan para tamu. Sedang para penari dengan lincah menarikan tarian Sambut Maju. Tarian ini untuk menjemput pengantin pria dan wanita menuju singgasana pelaminan. Setelah pengantin sampai ke pelaminan akan ditampilkan Tari Bedana yaitu Tarian Gembira. Syukur yang dihaturkan pengantin dituangkan dalam tarian Maju Caka Talam. Tarian ini dilakukan mempelai perempuan di atas talam. Tarian inilah tarian perpisahan dari pengantin perempuan untuk masa lajangnya.

Teks. Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY