Tengok Megahnya Dekorasi Pernikahan Bernuansa Batak

0
1752
dekroasi adat batak
Dekorasi Adat Batak - Dok. Mahligai

Untuk dekorasi pernikahan tradisional, inspirasi bisa didapat dengan memadukan elemen etnik atau ornamen khas daerah asal. Seperti yang dilakukan oleh Soeryanto Dekor pada dekorasi pernikahan bernuansa Batak berikut ini. Inspirasi utama dekorasi datang dari ornamen geomotris khas berwarna merah, putih, dan hitam yang sering menghias rumah adat Batak. Detail ornamen ukiran rumah etnik Batak inilah yang ditransformasikan pada dekorasi pelaminan untuk perhelatan pernikahan Batak.

Dekorasi Pelaminan dan Taman

Pada bagian panggung pelaminan, keindahan ornamen geometris bisa Anda padukan dengan warna ukiran keemasan agar mencitrakan kesan mewah. Sementara untuk dekroasi taman yang umumnya diletakan pada area depan pelaminan, Anda bisa mengubah pakem tak tertulis tersebut agar dekorasi terlihat kian menarik.

Geser area taman ke bagian tengah ruangan resepsi dengan fokus sebuah pohon buatan berukuran besar dan rindang. Di bawah rindang dan megahnya pohon tersebut, barulah beri aneka bunga berwarna shocking pink, putih bunga aster, dan hijaunya dedaunan tanaman perdu. Tak lupa salah satu patung khas Batak yang disebut Galegale turut menghiasi dekorasi taman nuansa Batak.

dekorasi pelaminan nuansa batak
Contoh Dekorasi Pelaminan Nuansa Batak – Seryanto Decor. Dok. Majalah Mahligai

Ornamen Tambahan

Tidak hanya pada area pelaminan, ukiran khas Batak juga bisa Anda aplikasikan pada ornamen dekorasi lain seperti pigura cermin yang dipajang pada beberapa sisi ruangan resepsi. Tambahkan pula beberapa ornamen yang lekat akan etnik Batak seperti alat tenun tradisional ulos, kain ulos, alat musik tabuh gendang Batak, dan prototype bangunan rumah Batak atau yang disebut Gorga. Ornamen tersebut semakin menyempurnakan dekorasi pernikahan bernuansa Batak yang Anda impikan.

Beri Sentuhan Modern

dekorasi lampu gantung
Dekorasi Lampu Gantung KLasik – Dok. Mahligai Indonesia

Tren menyatukan dekorasi tradisional dengan modern menjadi tantangan tersendiri bagi para dekorator untuk terus berkreasi.  Banyak cara yang bisa Anda terapkan untuk memberi nuansa modern pada dekorasi tradisional yang dipilih. Misalnya memberi sentuhan warna modern seperti putih atau silver, hingga menambah elemen modern, dan memainkan lighting ruangan.

Pada dekorasi pernikahan bernuansa Batak kali ini, elemen modern diaplikasikan dengan memberi lentera gantung klasik pada area taman. Selain lebih kekinian cara ini pun membuat dekorasi kian elegan dan chic. *

Baca Juga : Empat Dekorasi Pelaminan Adat Jawa

Teks. Tim Mahligai Indonesia
Foto. Kiss U Photography dan Andri Cipta Utomo
Dekorasi. Soeryanto Dekor

LEAVE A REPLY