Delapan Aneka Camilan Tradisional yang Cocok untuk Hidangan Pesta

0
547
hidangan pernikahan
Hidangan Pernikahan - Dok. Bella Donna The Wedding

Semenarik apapun hidangan internasional, tetap saja cita rasa khas Indonesia-lah juaranya. Begitu pun dalam hal menu makanan ringan atau camilan. Saat ini, kudapan tradisional mungkin semakin tergerus oleh pesatnya perkembangan kuliner yang kekinian. Namun, tak ada salahnya jika Anda ingin menghadirkan kembali camilan tradisional untuk hidangan resepsi pernikahan. Camilan tradisional bahkan bisa ‘naik kelas’ apabila Anda berhasil menyulapnya dengan tampilan yang menarik.

Berikut ini kami rekomendasikan beberapa camilan tradisional yang bisa dipilih. Beberapa diantaranya mungkin akan menjadi incaran tamu undangan. Bahkan, bisa jadi camilan tersebut merupakan kudapan yang mereka rindukan.

1. Onde-onde

Jajanan yang terbuat dari tepung ketan ini selalu jadi favorit terutama saat masih hangat. Kulitnya renyah gurih dengan taburan biji wijen di permukaannya. Biasanya disajikan buat teman minum kopi atau teh.

2. Kue koya

Kue koya ? hmm.. pasti sedikit asing dengan namanya. Tapi kalau sudah mencicipi rasanya, tentu Anda mengenali kue yang berbahan dasar kacang hijau ini. Renyah dan mudah hancur adalah ciri khasnya.

3. Gem Rose

Gem Rose
Ilustrasi Gem Rose – Dok. Majalah Mahligai

Gem rose atau yang lebih familiar disebut kue kancing merupakan camilan favorit di masa kecil, karena bagian gulanya yang berwarna-warni begitu mengundang selera.

4 .Kue Mangkuk

Dari namanya saja sudah jelas kalau kue basah yang satu ini memiliki bentuk menyerupai mangkuk dan merekah seperti bunga. Ada beberapa variasi warna yang menggoda selera, pink, cokelat dan hijau.

5. Kue Pancong

Hingga saat ini penjual kue pancong masih kerap dijumpai. Biasanya dijajakan dengan gerobak pikul atau gerobak dorong. Rasanya yang legit berasal dari campuran kelapa parut dan tepung beras. Taburan gula pasir di atasnya mempu menghadirkan aksen manis.

6. Rambut Nenek

camilan rambut nenek
Ilustrasi Camilan Rambut Nenek – Dok. Majalah Mahligai

Dengan rasanya yang manis bercampur gurih dari kepingan simping, penganan ini menjadi kegemaran banyak kalangan, terutama anak-anak. Selain itu, tekstur serabut yang menyerupai rambut memberikan sensasi tersendiri ketika menikmatinya.

7. Kue Cubit

kue cubit dan kue ku
Kue Cubit dan Kue Ku – Dok. Majalah Mahligai

Jajanan tradisional ini memang tengah kembali meningkat pamornya berkat media sosial. Para pengusaha bisnis kuliner melakukan variasi rasa dari kue cubit. Kue yang disebut juga dengan kue hasta, memiliki ukuran mini dengan diameter hanya sekitar 4 cm.

8. Kue Ku

Kue Ku merupakan salah satu jajanan tradisional yang tidak hilang dimakan zaman. Kini semakin berkembangnya zaman, kue ku memiliki bentuk dan warna yang bervariasi. Walaupun banyak bermunculan jajanan baru yang lebih menarik, namun Kue Ku tetap memiliki tempat di hati masyarakat karena teksturnya yang lembut.*

Baca Artikel Ini : Aneka Jajanan Tradisional untuk Resepsi Pernikahan

Teks. Tim Mahligai
Dok. Majalah Mahligai

LEAVE A REPLY