Ini Dia Tarian Tradisional yang Sering Ditarikan Saat Pernikahan

0
944
Tari Pagar Pengantin - Foto Dokumentasi Majalah Mahligai

Tahukah kamu meskipun tarian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rangkaian tradisi pernikahan namun tidak semua tarian tradisional bisa ditarikan pada sebuah pesta pernikahan loh? Hanya tarian tertentu saja yang bisa.

Tari Pagar Pengantin

Para pengantin yang mengusung adat Palembang, bersiaplah untuk belajar terlebih dahulu. Salah satu tradisi yang wajib dilakukan mempelai wanita Palembang adalah menari.

Tarian ini cukup sakral dan momentual bagi mempelai, karena sebagai simbol kedewasaan seorang dara yang siap melepas masa lajang menuju ke jenjang perkawinan. Selain menggelar Tari Pagar  Pengantin, sebagai hiburan juga disajikan Tari Gending Sriwijaya.

Tari Saronde

Gorontalo memiliki tari khas untuk menyambut tamu-tamu kehormatan. Ada Tari Saronde, Tisi Daa, Tari Bunga, Tari Polopali, Tari Danadana, Zamrah dan masih banyak lagi.

Tari Burung Merak

Tarian ini dipertunjukkan saat resepsi pernikahan Sunda untuk menyambut kehadiran pasangan berjalan menuju pelaminan. Selain tarian ini, pernikahan adat Sunda biasanya diiring juga dengan alat musik kecapi dan suling.

Tari Gambyong

Dalam pernikahan Jawa, suguhan tarian-tarian di depan panggung pelaminan telah menjadi tradisi budaya yang berlangsung berabad-abad silam khususnya dalam pernikahan kerajaan atau keraton.

Tari Gambyong dan tari Karosih merupakan dua jenis tari Jawa yang lazim disuguhkan dalam resepsi pernikahan pengantin Jawa.*

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here