Penting! Jangan Sampai Lupa 7 Jurus Saat Traveling Ini

0
55
Foto: blog.mozilla.org

Ingin jalan-jalan alias traveling keliling nusantara? Nah, jangan sampai lupa semua yang harus dibawa. Pastinya cek 7 kebiasaan saat traveling ini…

 

#1  Tanya mengenai suasana dan kondisi destinasi tujuan

Ya, ini memang standar banget tapi penting! Sebelum pergi ke Kepulauan Seribu, misalnya, tanyakan suasana dan kondisi destinasi tersebut ke mereka yang sudah pernah jalan-jalan kesana. Tentu saja tanya ke teman atau famili yang bisa dipercaya. Perhatikan baik-baik usulan mereka.

 

#2  Kemas barang jauh sebelum waktu berangkat

Percayalah, terburu-buru packing alias kemas-kemas bawaan semalam sebelum berangkat akan menyisakan banyak barang-barang penting yang bakalan nggak kebawa! Jika merasa keberatan packing, cicil masukkan barang bawaan k etas yang ingin dibawa seminggu sebelum hari keberangkatan.

 

#3  Jangan lupa bikin fotokopi surat-surat penting

Kartu Tanda Pengenal, kartu asuransi dan lain-lain, yang penting-penting memang harus dibawa selama jalan-jalan. Tapi jangan lupa untuk buatkan fotokopinya dan dititipkan ke teman atau keluarga. Jaga-jaga jika kartu-kartu aslinya hilang. Oh ya, jangan lupa untuk taruh kartu-kartu asli di kotak terkunci di hotel (Jika memungkinkan).

 

Baca juga: Berkunjung Ke Tiga “Surga Tersembunyi” di Indonesia

 

Foto: heart.org

 

#4  Selalu bawa botol minuman

Ya, dengan bawa botol minuman yang bisa diisi ulang kemana-mana, membuat tubuh jadi nggak dehidrasi. Karena kita nggak bakal tahu apakah kita nantinya mudah dapat air minum atau tidak.

Oh ya, sebisa mungkin jangan beli air minum dalam kemasan plastik yang sekali buang – Ingat, sampah plastik tidak bisa didaur-ulang dan mengancam habitat laut!

 

#5  Jangan lupa adaptor dan cas ponsel

Meski sekarang ada kotak cas ponsel alias powerbank, beberapa maskapai melarang membawanya naik ke kabin. Lebih aman, jika kita men-cas ponsel sebelum berangkat kemanapun pergi atau setelah sampai di kamar hotel – sehabis berputar-putar keliling.

 

#6  Sampai lebih dulu

Ini berlaku nggak hanya pas sampai di bandara saja. Tapi juga jika ingin sampai ke hotel atau ingin makan malam di resto destinasi. Segala sesuatu aktifitas yang dilakukan lebih awal sejam atau setengah jam sebelum dimulai enaknya bisa membuat kita nggak terburu-buru – dan pastinya: nggak ketinggalan momen!

 

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Menarik saat Berwisata ke Jawa Timur

 

#7  Jangan pernah munculkan uang di muka umum

Ya, jangan pernah kasih lihat uang yang dibawa sembarangan, meski saat di kota kita sendiri atau di kota destinasi! Bisa jadi sasaran copet atau orang yang tergoda untuk mengambilnya. Juga jangan pernah taruh benda berharga di kantung belakang. Ini saatnya tas kecil jadi sangat berguna!

 

 

O.J.

Berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here