10 Tempat Wisata di Indonesia yang Layak Dikunjungi

0
420
Pulau Kelor, Labuan Bajo – Instagram mitripp

Dengan keindahan alam yang dimiliki, nampaknya bukan hal sulit menemukan tempat-tempat menarik di Indonseia. Terlebih lagi saat ini pemerintah tengah menggalakkan program pengembangan wisata untuk membuat ‘Bali Baru’ di Indonesia. Ada 10 destinasi di Indonesia yang akan difokuskan untuk mendukung program ini. Lantas di mana saja ya 10 destinasi tersebut?

Danau Toba, Sumatra Utara

danau toba
danau toba – wikimedia

Kepopuleran Danau Toba sebagai danau terbesar di Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi. Danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer ini memiliki keunikan tersendiri dengan adanya Pulau Samosir yang terletak di bagian tengahnya.

Berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, Pulau Samosir dikelilingi panorama pegunungan sejauh mata memandang. Salah satu keunikan di pulau ini ialah adanya dua buah danau kecil sebagai daerah wisata yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang yang mendapat julukan ‘danau di atas danau.’

Bukan hanya dianugerahi keindahan alam yang memikat, di Pulau Samosir tersimpan pula beragam benda cagar budaya. Sebagai pulau yang diyakini sebagai daerah asal orang Batak, Samosir memiliki miniatur Rumah Si Raja Batak.

Untuk menuju ke pulau Samosir Anda bisa melalui pelabuhan Ajibata di Parapat dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan. Sesampainya di Parapat, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal ferry yang memakan waktu satu jam perjalanan.

Tanjung Lesung, Banten

pantai tanjung lesung
pantai tanjung lesung – Instagram | tanjunglesungid

Pantai di Banten ternyata bukan hanya kawasan Anyer saja. Tepatnya di ujung Barat Pulau Jawa, Anda bisa mengunjungi kawasan Tanjung Lesung yang terletak di Kabupaten Pandeglang. Jika Anda tinggal di pusat Kota Jakarta, Tanjung Lesung bisa jadi alternatif untuk menghabiskan bulan madu singkat.

Bagi pasangan yang tengah berbulan madu, jangan lewatkan pemandangan menakjubkan dari sunrise dan sunset yang keduanya bisa ditemukan di sini. Cobalah pesan resort yang mengahadap pantai di Anda bisa merasakan romantisme matahari terbenam dan keindahan matahari terbit dari beranda kamar.  Yang tak kalah menarik, Tanjung Lesung juga memiliki sederet fasilitas pendukung seperti olahraga air hingga tempat konservasi terumbu karang.

Kabar baiknya lagi, demi mewujudkan program Bali Baru, pemerintah kini tengah melakukan pembangunan jalan tol Serang Panimbang dan pembangunan Bandara Banten Selatan yang semakin memudahkan akomodasi wisatawan.

Kepulauan Seribu, Jakarta

pulau seribu
Kepulauan  Seribu – Instegram | rh.ryan

Satu lagi destinasi honeymoon untuk Anda yang tak punya banyak waktu berlibur. Ya, Kepulauan Seribu, Jakarta bisa menjadi alternatif tempat ‘pelarian singkat’ untuk merilekskan pikiran.

Cobalah berkunjung ke pulau populer di kalangan wisatawan seperti Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Bidadari, atau Pulau Untung Jawa. Tempat pelarian favorit warga Jakarta ini juga memiliki beragam penginapan yang bisa dipilih sesuai bujet yang dimiliki.

Pantai Tanjung Kelayang, Bangka Belitung

pulau belitung
Pulau Belitung – Foto. M. Mashud Achmad

Dengan luas wilayah yang 80% nya adalah perairan, sudah tentu Provinsi Bangka Belitung didominasi oleh wisata air, melalui pantai-pantainya yang indah. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Kelayang yang keindahannya bisa Anda saksikan dalam Film Laskar Pelangi.

Pemandangan pasir putih dengan susunan batu granit dan air laut sejernih kristal akan menyambutmu saat berkunjung ke pantai ini. Pantai yang landai dan berpasir juga memungkinkan kamu dan pasangan untuk menghabiskan waktu dengan berenang.

Tak heran pula bila wilayah ini termasuk sebagai zona ekonomi wisata khusus yang ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata. Tak hanya itu, demi meningkatkan jumlah wisatawan di sini, pemerintah pun memperluas landasan terbang di terminal bandara H.A.S Hanandjoeddin untuk menampung pesawat yang lebih besar.

Candi Borobudur, Jawa Tengah

candi borobudur
Candi Borobudur

Borobudur merupakan salah satu situs peninggalan yang sudah populer bagi wisatawan domestik juga wisatawan asing. Kabar baiknya, untuk mengembangkan kawasan ini, sebuah bandara baru sedang dibangun di wilayah Kulon Progo untuk menggantikan Bandara Internasional Adisutjipto. Jadi akomodasi wisatawan pun akan jauh lebih mudah jika ingin berkunjung ke Candi Budha terbesar di Indonesia ini.

Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo, Jawa Timur
Gunung Bromo, Jawa Timur – Dok, Bella Donna/elsa

Bulan madu tak melulu diisi dengan wisata pantai. Jika kalian tipe pasangan yang ingin menikmati wisata gunung, berkunjunglah ke Gunung Bromo yang terletak di Probolinggo, Jawa Timur. Waktu terbaik menikmati keindahan Gunung Bromo ialah pada saat matahari terbit. Namun, pengunjung harus lebih dahulu menaiki mobil jip hardtop untuk menuju tempat terbaik melihat sunrise.

Rasa lelah usai menempuh perjalanan yang cukup ekstrim di tengah pagi buta akan terbayar dengan pemandangan sang surya yang menampakan diri dari dari balik gunung dan awan. Sensasi dingin khas pegunungan di tambah kemolekan langit Bromo saat Fajar tentu akan lebih istimewa saat dinikmati bersama pasangan.

Kawasan wisata Bromo Tengger Semeru ini juga menjadi wilayah yang difokuskan dengan pembangunan jalan tol Malang-Pandaan, tol Pasuruan Probolinggo, selain juga pembangunan rumah wisata di beberapa destinasi wisata unggulan yang ada di sekitarnya.

Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Nama Mandalika kian santer terdengar sejak Presiden Joko Widodo mengunggah vlog keindahan wilayah yang kini resmi termasuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ini. Berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Mandalika di gadang-gadang akan menjadi kawasan pariwisata unggulan di Pulau Lombok. Lantas apa saja ya yang membuat Mandalika terasa begitu istimewa?

Mandalika hanya berjarak 30 menit dari  Bandara Internasional Lombok dan terbentang mulai dari Pantai Kuta, Pantai Seger, hingga Pantai Tanjung Aan. Bukan hanya unggul dari segi keindahan alam, di Mandalika juga terdapat Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende yang merupakan penghuni asli Pulau Lombok.

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

labuan bajo
Pulau Kelor, Labuan Bajo – Instagram mitripp

Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi yang kini tengah populer di kalangan wisatawan. Tak mengherankan sebab sebagai kota pelabuhan yang terletak di wiliayah ujung barat Pulau Flores, Labuan Bajo menawarkan pemandangan yang luar biasa memukau. Tak sulit menemukan penginapan dengan pemandangan pantai yang memesona di destinasi ini. Pasalnya, hampir semua tempat penginapan dan kafe dibangun menghadap lautan dan pulau-pulau di seberangnya.

Dalam rangka mempromosikan Labuan Bajo sebagai salah satu Bali Baru di Indonesia, pemerintah kini juga gencar wisata lain selain Pulau Komodo dan Labuan Bajo sendiri. Beberapa destinasi wisata tersebut diantaranya seperti Pulau Rinca dan Pulau Padar juga promosi tujuan wisata baru seperti Pulau Kalong, serta Batu Meja dan Strawberry Rock di Kampung Rinca.

Wakatobi, Sulawesi Selatan

terumbu karang laut wakatobi
Terumbu Karang Laut Wakatobi -wikimedia.org

Tahukah Anda bahwa Wakatobi merupakan akronim dari Pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko? Bagi para pasangan pecinta olahraga diving, wajib hukumnya untuk bulan madu ke sini.

Terletak di Sulawesi Selatan, Wakatobi amat istimewa dengan wisata bawah lautnya yang mendunia. Sebanyak lebih dari 50 persen terumbu karang dunia tumbuh di kawasan ini dan menjadikan Wakatobi sebagai tempat terumbu karang terbesar kedua di dunia setelah Great Barrier di Australia.

Jangan khawatir soal fasilitas yang ada di Kepulauan ini. Pasalnya, selama tiga tahun terakhir pemerintah fokus mengembangkan Bandara Wakatobi demi program ‘Bali Baru’ yang tengah digagas. Selain itu, penataan kawasan juga dilakukan di Sombu Dive dan Puncak Toliamba yang membuat wisatawan semakin nyaman saat berlibur ke Wakatobi.

Pulau Morotai, Maluku Utara

pulau morotai
pulau morotai – Instagram | ilhamarch

Indonesia bagian Timur nampaknya selalu memiliki pesona tersendiri sebagai destinasi wisata. Salah satunya adalah Pulau Morotai yang terletak di Kepulauan Halmahera dan termasuk sebagai pulau terluar di Indonesia. Meskipun luas wilayah ini hanya 1.800 kilometer persegi, namun jangan ragukan keindahan Pulau Morotai.

Di pulau ini ada lebih dari 25 titik penyelaman yang menyuguhkan keindahan bawah laut. Bukan cuma airnya yang jernih dan biota laut yang kaya, pesona keindahan alam Pulau Morotai juga tampak di daratan. Deretan pantai berpasir pusir dan keindahan matahari terbit dan terbenam akan membuat kamu dan pasangan tidak akan menyesal bulan madu ke sini.

Sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, pemerintah pun mengembangkan fasilitas Bandara Pitu Morotai yang berada di wilayah ini.

 

Teks. The Wedding’s Team.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here