5 Keseruan Legit Sajian Tradisional Martabak Aceh

0
169
Foto: squarespace

Siapa yang tak suka dengan martabak! Semua orang suka dan tahu martabak, tapi apakah sudah ngeh kalau ada martabak Aceh?

 

Meski sebutannya masuk ke dalam varian ‘martabak’ tapi martabak Aceh punya tampilan yang berbeda dengan martabak-martabak lain yang ada di negeri nusantara ini. Tampilan sajian berbeda diikuti pula dengan rasanya. Persis Mie Aceh, meski nama sebutannya ‘mie’ tapi tampilan dan rasanya beda.

Apalagi fakta seru tentang Martabak Aceh?

 

#1  Penampilan Martabak Aceh

Seperti yang tadi sudah disebut, penampilan martabak ini punya fisik yang unik. Jika biasanya martabak dibungkus kulitnya, tapi kulit martabak ini malah dibungkus oleh telur. Alhasil tampilannya jadi seperti telur dadar. Alhasil, di bagian tengahnya ada kulit martabak yang terasa slrrrp berkat adonan khusus!

 

#2  Adonan Unik

Tentu saja karena martabak nusantara ini unik, isi adonannya pun terbilang unik pula. Misalnya saja, adonan telurnya terdiri dari seledri, udang kecil, bawang bombai, dan bahan-bahan lain sebagai pilihan selera dan variasi. Oh ya, tentu saja harus ada garam, daung bawang dan bawang merah, dan telur itu sendiri.

Foto: 2.bp.blogspot

 

Baca 5 Fakta Seru Es Selendang Mayang Asal Betawi Ini Legit

 

#3  Penyajian Martabak

Nah, kalau untuk penyajiannya, mirip dengan martabak-martabak lainnya. Martabak Aceh juga disajikan dengan acar. Acarnya sendiri kurang lebih sama dalam penyajiannya, terbuat dari bawang merah dan cabe hijau. Satu lagi yang bikin beda: Martabak Aceh bisa disajikan dengan kuah kari!

 

#4  Sensasi Rasa

Nama bolehlah sama-sama martabak, tapi jangan salah, untuk cita rasa Martabak Aceh ini berbeda. Rasa unik dari martabak dari ujung Sabang ini terletak pada rasa gurih adonan telurnya. Rasa gurih ini berpadu dengan rasa kulit martabak yang kenyal. Rasa segar acar menjadi pemicu nikmatnya martabak ini. Apalagi acar mengurangi rasa mual karena menyantapnya dalam porsi banyak.

 

Foto: i.pinimg

 

Baca Slrrrp! Siapa Sangka Bika Ambon Nan Lezat Berasal dari Medan Sumatera Utara

 

#5  Area Kuliner Martabak

Satu yang bikin unik lagi, martabak tradisional ini benar-benar mirip nasi alias bisa ditemukan dimana saja di seluruh penjuru Aceh. Kita nggak perlu menunggu toko martabak tertentu, di jalan tertentu, buka, tapi cukup bisa mendapatkannya di warung kopi, tempat makan, bahkan dari penjual makanan keliling!

 

Siap lahap martabak ini?

 

 

O.J.

Berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here