Punya Kain Batik? Contek Inspirasi Gaya Busana Batik Kekinian Ini!

0
86
Foto: Istagram yourou.id
Foto: Istagram yourou.id

Bukan zamannya lagi bila kain batik  diidentikan dengan kain yang hanya bisa digunakan untuk membuat baju formal semata.  Kalau kalian berbicara demikian 10 tahun lalu, mungkin bisa dimaklumi. Tapi tidak saat ini.

Ada beberapa alasan yang membuat batik semakin disukai. Salah satunya karena evolusi pemilihan warna batik itu sendiri. Dulu, kenapa kain batik identik dengan sesuatu yang kuno? Alasannya kurang lebih karena kebanyakan warna dan coraknya yang terkesan ‘tua’, meskipun memang banyak filosofi yang tersirat di dalamnya. Ya, zaman dulu, pewarnaan untuk kain tradisional memang begitu terbatas.

Keseharian masyarakat kita beberapa tahun belakangan semakin akrab dengan kain batik. Tak melulu orangtua ya, kaum muda pun semakin gandrung menggunakan batik. Entah itu hanya dililitkan atau pun dibuat busana. Coba kalian perhatikan deh, mereka yang jalan-jalan ke mal yang hanya sekadar untuk hang out pun tak malu menggunakan batik.

Mereka bisa menggunakannya dengan leluasa tanpa takut merasa aneh. Tapi tentunya disesuaikan dengan desain busana itu sendiri ya agar tampak lebih kasual ditambah padanan alas kain yang digunakan.

Busana batik tidak melulu harus dibuat dari sehelain kain. Kamu bisa menyesuaikannya dengan beragam corak lainnya. Bahkan, corak dan warna batik yang ‘tabrak lari’ tak jarang dipadankan untuk mendapatkan kesan tertentu. Atau memadukannya dengan sesuatu yang polos tanpa corak pun sah-sah saja.

Dari Kain Lilit hingga Dress Cantik

Jangan bingung kalau kamu menerima selembar kain batik dan ingin dibuat apa. Ada banyak inspirasi busana yang bisa kamu contek di sosial media. Atau, kalau kamu bingung mau membeli kain batik corak apa dan mau dibuat bagaimana, mungkin kamu bisa mencarinya di katalog ini.

Beberapa selebritis tanah air pun sering terlihat bersliweran di sosial media mereka dengan menggunakan batik. Tentunya dengan gaya yang menarik yang bisa juga kamu contek.

1. Dian Sastro

Foto: IG therealdisastr

Dian Sastro memadukan kain batik lilit dengan atasan polos putih menyerupai kebaya kutu baru. Gayanya semakin kasual dengan pilihan sepatu kets putih sebagai alas kaki.

2. Andien

Foto: IG andienaisyah

Andien bisa dibilang salah satu pesohor yang identik dengan gayanya yang etnik Indonesia. Ia sering menggunakan beragam kain traisional yang dibuatnya dengan gaya yang kekinian. Salah satunyaadalah  desain busana batik nuansa kuning ini yang begitu memesona.

3. B3

Foto: IG cynthia_lamusu

Grup vokal wanita yang terdiri dari Widi Mulia, Nola dan Cynthia Lamusu ini selalu memukau saat tampil di panggung, baik dari segi suara maupun busananya. Batik bernuansa biru dan kuning mereka gunakan ini begitu fresh dengan ragam gaya yang berbeda.

4. Andien

Foto: IG andienaisyah

Andien tak segan-segannya memadukan kain batik dengan kain tradisional lain. Kain batik biru bercorak bunga ini disulapnya menjadi dress panjang tanpa lengan dengan kancing depan serta dipadankan dengan kain etnik hitam

Kancing depan ini ditujukan agar ia bisa dengan gampang menyusui anaknya. Nah, mungkin dress ini bisa menjadi inspirasi untuk ibu-ibu menyusui ya!

Teks. Theresia Triomegani

 

LEAVE A REPLY