Ragam Cara Menentukan Hari Baik Pernikahan

0
59
Peragaan Ijab Qobul - Dok. Kencana Art Photography

Memilih tanggal pernikahan memang bukan perkara gampang. Butuh banyak pertimbangan untuk menentukan kapan hari terbaik untuk melangsungkan hari istimewa ini. Salah satunya adalah menentukan hari pernikahan berdasarkan perhitungan ‘hari baik’ seperti yang dilakukan dalam beberapa tradisi di Indonesia.

Dalam adat Sunda misalnya, bulan-bulan yang cukup baik untuk acara ijab Kabul dan membangun rumah menurut kepercayaan mereka adalah bulan Raya Gung (bulan haji) dan Puasa. Sedangkan, hari yang kurang baik atau dianggap pantangan bagi masyarakat Sunda adalah bulan Sapar. Konon, di bulan ini merupakan musimnya anjing-anjing kawin sehingga kurang baik untuk menggelar pesta. Selain itu, sebagian masyarakat Sunda juga percaya bahwa setiap tiga bulan sekali ada hari-hari yang kurang baik untuk menggelar pesta atau perayaan tertentu.

Lain lagi dengan perhitungan hari baik yang dilakukan oleh masyarakat Jawa. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam penghitungan tanggal baik untuk menikah, mulai dari perhitungan tanggal lahir mempelai berdasarkan penanggalan Jawa, hingga nama panjang keduanya. Setelah itu baru dilihat melalui primbon Jawa, tanggal mana yang sesuai. Primbon sendiri merupakan kompilasi aturan yang berasal dari nenek moyang.

Selain kedua cara itu, belakangan muncul pula tren pemilihan hari pernikahan berdasarkan tanggal cantik. Entah siapa yang memulai – menikah di tanggal cantik untuk hari pernikahan memang tengah booming beberapa tahun terakhir ini. Calon pengantin memilih tanggal dengan kombinasi angka yang bersifat unik atau pengulangan untuk melangsungkan hari bersejarah mereka.

Memang, menikah di tanggal cantik akan memberi keuntungan bagi pasangan pengantin untuk mengingat hari bersejarah atau merayakan anniversary di tahun selanjutnya. Meskipun konsekuensinya, calon pengantin harus booking venue dan vendor pernikahan sejak jauh hari agar tidak keduluan pasangan lain. Tidak hanya itu, menikah di tanggal cantik juga memungkinkan pengantin harus membayar lebih besar karena tingginya pernikahan di tanggal tersebut

Nah bila Anda ingin menggelar pesta pernikahan di tanggal cantik tahun 2018, berikut kami lampirkan beberapa rekomendasi tanggal cantik untuk Anda yang ingin menggelar pernikahan di tahun 2018.

tanggal cantik menikah
Tanggal Cantik Menikah – Infografis Debora

 

INTAN WIDIASTUTI

 

 

LEAVE A REPLY