Ragam Kuliner Manado yang Menggoda

0
95
bubur manado tinutuan
Bubur Manado Tinutuan - Foto. Andri Cipta Utomo. Dok. Mahligai

JANGAN mengaku orang Minahasa kalau Anda tidak suka pedas dan tidak suka Tinutuan.  Rasanya tidak berlebihan bukan, mengingat orang Manado memang dikenal menyukai masakan pedas?

Hampir kebanyakan masakan Sulawesi Utara ini diolah dengan menggunakan cabai yang jumlahnya tidak sedikit.  Seperti halnya olahan rica-rica yang terkenal itu. Nah, Tinutuan sendiri adalah bubur Manado yang begitu terkenal. Buburnya memiliki rasa gurih dengan campuran sayuran seperti jagung, kangkung, bayam dan lain sebagainya. Tapi…tunggu sampai Anda mencicipi dengan sambalnya. Dijamin mak nyuss!

Edisi kali ini kami menyajikan ragam jenis masakan maupun panganan ringan khas Manado. Beberapa diantarnya memiliki rasa manis, gurih dan segar.

Ayam Woku
Biasanya, bahan utama olahan woku adalah seafood seperti ikan, telur, udang, kepiting maupun cumi. Namun demikian, ayam  juga bisa menjadi alternatif pilihan. Proses pengolahan woku sendiri bisa dilakukan dalam belanga (panci) maupun diolah dengan cara dibungkus dengan daun pisang sebelumnya. Untuk yang terakhir, sekilas terlihat menyerupai pepes.

Baik woku belanga maupun woku daun pada dasarnya memiliki resep yang sama. Hanya saja, untuk woku belanga ditambahkan santan untuk mendapatkan rasa yang gurih.

Nasi kuning
Bila boleh disetarakan, nasi kuning ini memiliki posisi yang sama dengan nasi uduk Betawi di Jakarta, yaitu sama-sama sebagai menu sarapan pagi. Namun demikian nasi kuning Manado tidak sama dengan jenis nasi kuning lainnya yang biasa dilengkapi dengan perkedel, irisan telur dadar dan orek tempe.

Nasi kuning Manado ini biasanya dilengkapi dengan suwiran ikan cakalang dan telur ayam rebus utuh. Kemudian dibungkus dengan daun woku/lontar. Telur rebusnya sendiri ‘terbungkus’ oleh nasi kuning yang telah dicampur abon ikan cakalang.

Dan untuk rasa, karena menggunakan santan sebagai salah satu campuran pembuatan nasi kuning,  tentu saja membuatnya terasa gurih.

Tinutuan
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tinutuan adalah sebutan lain dari bubur Manado. Sama seperti nasi kuning, tinutuan juga kerap menjadi pilihan menu sarapan pagi.

Tinutuan tersaji polos, artinya tanpa kuah. Ia biasanya disandingkan dengan berbagai jenis sayuran, mulai dari jagung, bayam, labu kuning, kangkung, kemangi hingga daun melinjo. Dan biasanya lagi, tinutuan tersaji bersamaan dengan berbagai jenis ikan jambal asin yang menyertainya.

Nasi Goreng Jala
Kreasi nasi goreng bisa berupa apa saja. Untuk nasi goreng ini tidak menggunakan kecap seperti layaknya nasi goreng kebanyakan melainkan kecap ikan. Sehingga terasa gurih. Campurannya berupa jamur kancing maupun jamur kuping yang direndam dan dipotong-potong.

Panada
Siapa yang tak kenal makanan yang begitu identik dengan daerah Manado? Sekilas bentuknya menyerupai kue pastel dengan uliran di sampingnya. Namun, berbeda dengan pastel, kulit luar panada terbuat dari adonan roti lengkap dengan penggunaan ragi. Bagian isi Panada pun bukan berupa sayuran layaknya pastel melainkan daging ikan yang disuir halus dan dicampur dengan berbagai jenis bumbu. Umumnya, jenis ikan yang digunakan adalah ikan cakalang. Tapi sebagai alternatif lain ikan tongkol bisa digunakan.

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY