Ragam Kesenian Tradisional dalam Pesta Pernikahan di Nusa Tenggara

0
75
gendang beleq
Gendang Beleq | Instagram | kenalilombok

Apa yang disukai orang dari sebuah pernikahan tradisional? Selain prosesi adat yang menarik untuk disimak, pertunjukan kesenian tradisional juga menjadi hiburan tersendiri. Kehadirannya memberi nuansa etnik sekaligus menyemarakkan suasana pesta pernikahan adat. Di dalam kesenian tradisional juga terdapat warisan budaya yang menggambarkan elegansi kehidupan masa lalu. Tak berlebihan jika kami mengatakan bahwa kesenian tradisional memberikan karakter unik, dan memukau.

Sama halnya seperti daerah lainnya, Nusa Tenggara juga kaya akan kesenian tradisional. Berikut kami hadirkan beberapa kesenian tradisional dari wilayah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Siapa tahu Anda tertarik untuk menghadirkan di pesta pernikahan.

Kesenian Tradisional di wilayah Nusa Tenggara Barat

gendang beleq
Gendang Beleq | Instagram | kenalilombok

Barong Tengkok merupakan salah satu jenis musik gamelan yang biasanya mengiringi prosesi pernikahan di Nusa Tenggara Barat.Uniknya para pemain barong tengkok menggunakan topeng di setiap penampilannya.Profil wajahnya mirip singa dan pada bagian panggung belakang terdapat alat musik reog dua buah. Alat ini bisa dimainkan sambil duduk atau dibawa berjalan oleh pemain dengan cara tengkok atau digendong.

Gamelan ini biasanya dipertontonkan pada masyarakat sebagai musik hiburan pada acara pengiring kelompok prosesi perkawinan adat Sasak yang disebut juga Nyongko, yaitu keluarga pengantin laki-laki bertandang ke rumah keluarga pengantin perempuan. Fungsi barong tengkok pada prosesi ini adalah sebagai penolak bala.

Sudah pasti pertunjukan ini akan mengundang daya tarik tersendiri. Selain tampilannya yang heboh juga karena bunyi-bunyiannya yang energik. Tak heran, bila biasanya tarian ini disajikan di luar ruangan (outdoor). Penontonnya banyak, dan biasanya makin menyemut menjelang pertunjukan tuntas. Sebagai pemancing kemeriahan pesta sajian tari dan musik ini sangat mudah memancing daya tarik massa.

Kesenian tradisi yang juga kerap menjadi pengiring pesta pernikahan masyarakat Lombok adalah tari Rudat, seni tabuh gendang beleq (bedug besar). Kostum pemain Rudat biasanya adala busana perang Turki. Namun, jenis musik tradisi ini sudah jarang lagi dipertunjukkan, dan sudah kalah pamor dengan musik kontemporer sejenisnya.

Kesenian  Tradisional Nusa Tenggara Timur

Tari NTT
Tari Pad’a Nusa Tenggara Timur – Instagram | Sebumi

Seni tari dan seni suara dari Nusa Tenggara Timur mempunyai kemiripan dengan irama gerak dengan tarian dari Amerika Latin. Misalnya saja tari perang, tari-tarian dalam upacara kelahiran dan pernikahan.

Sedangkan tarian muda-mudi yang sering hadir dalam pesta pernikahan masyarakat Nusa Tenggara Timur adalah tari Pado’a,

, dan lain-lain. Dalam tarian tersebut biasanya penari wanita memakai hiasan kepala sebagai mahkota berbentuk bulan sabit serta memakai kalung manik-manik seperti mahkota bandul berbentuk medali.

Syair dari lagu-lagu tersebut biasanya berisi pepatah yang berhubungan dengan kepercayaan, upacara adat, serta kehidupan sehari-hari, misalnya bagaimana seharusnya sikap istri terhadap suami, dan sebaliknya. Atau hanya berisi ungkapan bahagia dan suka cinta dalam mengarungi hidup berumah tangga. Sajian ini menjadi tontonan menarik tersendiri, karena syairnya yang kerap ka.i mengundang tawa sekaligus haru.

Sebagai tontonan, tarian dan musik adal Nusa Tenggara Timur sangat mudah menghidupkan suasana. Melodinya yang enak di telinga, juga hentakan yang riang memancing orang ikut bersenandung. Biasanya tarian dan musik serta lagu dibawakan oleh cukup banyak orang. Harmonisasi suara mereka benar-benar indah, karena menyanyi sudah merupakan warisan adat yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Teks. Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY