Asyiknya Momen Batimung, Ritual Detoks ala Banjar

0
90

Terinspirasi tradisi perawatan tubuh dan kecantikan dari etnik masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan, Batimung Spa eksis!

Ya, siapa yang tak ingin punya tubuh sehat dan cantik rupawan?

Ritual perawatan tubuh khas Banjar eksis dengan bahan alami dari negeri tropis hasil dari bumi Nusantara. Sebut saja ada temugiring, daun jeruk, bunga kenanga, melati, pandan, akar wangi serta minyak kepala muda.

Nah, serunya, agar tubuh harum, ada bunga dan rempah alami yang dibalurkan!

Asyik, kan…

Batimung atau timung adalah sebutan warga etnik Banjar mengenai ritual perawatan tubuh mereka.

Selain dengan bahan-bahan alami, ritual ini juga disertai mandi uap nan kaya aroma ramuan rempah dan bunga tradisional tadi.

Jangan salah, ritual mandi seperti itu menjadi keharusan bagi calon pengantin –terutama perempuan yang akan melangsungkan pesta pernikahan.

Dengan batimung, pengantin tampil segar dan tubuh menebarkan keharuman selama bersanding. Malah keharuman tubuh bisa bertahan beberapa hari setelah pesta! Keren, kan…

Perawatan tubuh asyik menawan pastinya bikin tambah sehat dan cantik.

Batimung sendiri terhitung sebagai tradisi ritual wajib bagi hampir semua calon pengantin perempuan etnik Banjar, yang biasanya diaplikasikan 3-7 hari jelang pernikahan.

Dalam tradisi Banjar, ritual Batimung juga diselenggarakan secara khusus, dengan sebuah prosesi tersendiri melibatkan keluarga dekat calon pengantin.

Meski sangat sederhana dan tradisional, perawatan tubuh ala sauna dan spa seperti ini sudah lama dilakukan, dan menjadi warisan turun temurun masyarakat etnik Banjar di Kalimantan Selatan.

 

Baca Mantap! 5 Bahan Alami Tradisional Ini Solusi Kulit Kepala Kering

 

Perawatan memadukan teknik pijatan dan manfaat dari ramuan rempah dan minyak aromati esensial bagi perawatan tubuh yang telah dimodifikasi secara modern. Meski melakukan modifikasi, nilai budaya dan ritual kecantikan yang menjadi warisan turun temurun Batimung masyarakat Banjar ini tetap dipertahankan.

Hasilnya, saat pernikahan dilangsungkan, calon pengantin perempuan tampil memesona dengan kulit cerah dan halus. Pasalnya, bahan alami yang digunakan dalam perawatan tubuh calon pengantin perempuan Banjar ini mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan kulit baru.

 

LEGENDA PUTRI TUNJUNG BUIH
Batimung Spa juga terinspirasi dari kisah legenda kecantikan Putri Tunjung Buih, yang muncul dengan pesona kecantikannya dari pusaran air berbuih dan disambut dengan kain kuning.

Dengan sentuhan teknologi dan aplikasi lebih modern, Batimung Spa kini bisa dinikmati semua perempuan Indonesia, tak hanya menjadi ritual kecantikan bagi calon pengantin etnik Banjar di Kalimantan Selatan.

 

 

 

 

 

Tim mahligai-indonesia
Foto: Dok. Martha Tilaar Salon & Day Spa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here