Keseruan Siapkan Seserahan ala Adat Betawi

0
1527

Serunya hidup di Negeri Nusantara adalah adanya prosesi adat yang unik dari tiap-tiap daerah. Salah satunya ritual adat seserahan ala adat Betawi.

Ya, setiap daerah memang punya ciri khas sendiri-sendiri. Suku Betawi pun punya ciri khas tersendiri. Dalam prosesi pernikahan, adat betawi juga punya ciri khas seserahan yang unik.

Jangan salah, penyerahan dan persiapan seserahan mesti dipersiapkan matang.

Jadi, berikut ini proses menyiapkan seserahan jika kita ingin melamar seseorang dari suku Betawi:

 

Siapkan Daftar Seserahan

Membuat daftar yang akan dibeli jelas jadi awal dari semuanya. Tentu saja barang seserahan disesuaikan dengan bujet yang dimiliki.

Barang-barang maha penting apa yang perlu disiapkan?

Seserahan yang perlu dipersiapkan adalah perhiasan, atau cincin. Tentu saja ini penting karena cincin adalah syarat utama pada prosesi lamaran atau tunangan.

Oh ya, tak lupa, dalam seserahan khas Betawi, kita wajib menyajikan roti tawar atau roti buaya, sirup merah, pisang raja, dan sirih lamaran.

Jika ingin bentuk seserahan yang lain, kita bisa menyiapkan bahan baju calon mempelai wanita, parsel buah dan lainnya.

 

Siapkan Hantaran Saat Lamaran

Setelah daftar seserahan lengkap, saatnya melakukan lamaran. Ini menjadi momen dimana pernyataan dan permintaan resmi dari keluarga pria untuk menikahkan putranya ke calon mempelai wanita dilakukan.

Di momen ini, jangan lupa kalau pihak calon pengantin pria dipersilahkan juga membawa hantaran.

Hantaran ini sebenarnya nyaris mirip dengan seserahan, cuma fungsinya yang berbeda. Jenis hantaran bisa dibicarakan atau menurut kemampuan calon mempelai pria saja.

 

Baca Serunya Prosesi Perkawinan Adat Betawi

 

Siap Tande Putus

Berikutnya adalah Tande putus, sebuah momen sebagai pertanda kalau calon mempelai wanita telah terikat dengan calon pria.

Momen prosesi ini menjadi penanda kalau calon mempelai wanita sama sekali tak boleh diganggu gugat lagi pihak mana pun. Sama halnya dengan calon mempelai pria.

Uniknya, berbeda dengan hantaran dan seserahan, pihak keluarga calon pengantin pria memberikan tande putus atau pengikat kedua pasangan.

Oh ya, tande putus biasanya berupa uang, berbagai jenis kue, dan cincin iris rotan.

Unik dan seru, bukan?

 

 

 

O.J.

Sumber: plaminan.com

Foto: infia.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here