Tampil Serasi, Kahiyang dan Bobby Kenakan Busana Pengantin Sikepan Ageng

0
104
Busana Pengantin Kahiyang dan Bobby
Instagram/ danchh28

Pesta pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution berlanjut hingga ke sesi kedua yang dimulai pada pukul 18.30 WIB. Jika pada sesi sebelumnya Kahiyang dan Bobby mengenakan pakaian pengantin adat Solo Puteri rancangan Hanif Asyifa Nanjaya, di sesi kali ini mereka mengenakan busana Sikepan Ageng atau busana Solo Basahan Kepabron rancangan Tuty Adib.

Tuty Adib ternyata juga yang merancang baju Kahiyang saat siraman bermodel jumputan yang terbuat dari sutra dan kebaya merah yang dikenakan Kahiyang saat malam midodareni.

Baca Artikel Ini: Begini Rupa Busana Kahiyang dan Bobby Saat Akad Nikah!

Sikepan Ageng merupakan warisan tradisi dari para bangsawan dan raja Jawa yang hingga kini masih banyak diminati. Seperti yang bisa dilihat, Kahiyang memakai kain kampuh atau dodot batik bernuansa gelap motif alas-alasan (binatang) dan tetumbuhan hutan. Pilihan motif batik kain dodot tentunya berpegang pada filosofi derajat mulia. Tak lupa, sentuhan yang menjadi ciri khas dari busana sikepan ageng terlihat dari bolero pendek berbahan beludru dan berlengan panjang yang dikenakan pengantin wanita.

Selain dodot dan kemben, penampilan pengantin juga ditunjang dengan roncean daun-daun pandan dengan ujung bunga melati yang dililitkan di pinggang. Nah, ronce daun-daun ini biasa disebut buntal udan mas. Rangkaian ini disebutkan sebagai penolak bala.

Mempelai pria mengenakan kain dodot bermotif senada dengan pengantin wanita dilengkapi baju Takwa – yakni semacam baju beskap dari bahan beludru yang dulu hanya dikenakan oleh Raja Keraton Jawa. Sebagai aksesori, pengantin pria memakai penutup kepala berupa kuluk, stagen, sabuk timang, epel, celana cinde sekar abrid, kering warangka ladrang, buntal, kolong keris, selop dan perhiasan kalung ulur.

Teks: Elsa Faturahmah

LEAVE A REPLY