Ini 5 Poin Kenapa Tarian Ratoh Jaroe Tetap Terhampar di Memori

0
74
Foto: INASGOC

Sejak momen pembukaan alias opening Asian Games ke-18 digelar, banyak dari kita yang masih belum bisa melupakan begitu saja penampilan tari Ratoh Jaroe yang berasal dari negeri Aceh. Kenapa?

Tentu saja apalagi kalau bukan koreografinya yang terkesan simpel tapi sebenarnya butuh konsentrasi tinggi pas menarikannya. Apalagi tarian ini bukan tarian yang memunculkan kepiawaian seorang penari saja, tapi kepiawaian dari banyak penari.

Apalagi poin yang bikin kita semua belum bisa move on dari tarian tersebut padahal acara closing Asian Games ke-18 sudah menanti?

 

#1  Jumlah genap

Ya, meski sekilas lihat tarian ini mirip Tari Saman – dan banyak yang memang kecele kalau Tari Ratoh Jaroe adalah Tari Saman – jumlah penari yang menarikannya berjumlah genap. Sedangkan Saman ditarikan jumlah penari yang ganjil dan banyak melibatkan tepukan tangan dan dada. Tari Ratoh Jaroe tidak.

 

Kekompakkan dan kebersamaan jadi makna Ratoh Jaroe | Foto: INASGOC

 

#2  Wajah manis

Tentu saja wajah manis memang paling sedap dipandang oleh mata. Tari Ratoh Jaroe yang memang harus ditarikan para wanita memang memiliki daya tarik dari para penarinya – tentu dengan wajah manis. Mantapnya, bukan goyangan badan yang menarik perhatian kita tapi gerakan tangkas tangan mereka juga!

Baca juga:Kuda Lumping, Tarian Penuh Atraksi Berbahaya dari Tanah Jawa

#3  Pakaian mengkilat

Pakaian atau kostum memang jadi daya tarik lain. Tentu saja untuk mendapatkan koreografi yang pas, kostum pun berperan penting, apalagi Tarian Ratoh Jaroe menampilkan visual ‘kelap-kelip’ bak lampu LED. Jika Saman memakai pakaian tradisiona Gayo, Ratoh Jaroe cukup memakai kostum polos dan songket Aceh.

#4 Jumlah kolosal

Jika beberapa selebriti internasional terkenal dengan koreografi massal dan keren, jumlah kolosal yang ditakar penampilan 1600 penari Ratoh Jaroe jelas sesuatu yang bikin wah mata dan kepala! Apalagi mereka harus benar-benar hafal gerakan tariannya karena jika salah satu saja maka ritme pun jadi kacau-balau….

Foto: INASGOC

Baca juga:5 Kesenian Tradisional Sunda untuk Hiburan Pesta Pernikahan

#5  Makna Ratoh Jaroe

Kembali lagi bicara tentang koreografi dan mereka yang menarikannya, Ratoh Jaroe sebenarnya memiliki makna kalau kekompakan dan kebersamaan disertai rasa sopan santun dan kerelijiusan bercampur jadi satu. Itu terlihat dari gerakan koreo yang serentak dan sopan dalam berbusananya.

 

 

Penulis: Orlando

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here