Tarian Tradisional Khas Papua Bukan Hanya Sajojo Loh!

0
757
Foto: wacana.co

Masih nggak ngeh kalau Tarian Sajojo berasal dari Papua? Nah, nyatanya Papua nggak cuma hanya tarian itu saja, tapi masih banyak tari lainnya.

Tari Yospan

Gerakan tarian ini sangat seru karena energik banget! Selain Sajojo, tarian ini terkenal banget di sana karena sering dibawakan saat upacara adat, acara kesenian dan acara penyambutan tertentu.

Foto: adekurniawati.files.wordpress

Tari ini sebenarnya gabungan dari Tari Yosim dan Tari Pancar. Gerakan enerjik terlihat dari gerakan loncat, jalan dan memutar. Konon terinspirasi pertunjukan akrobat pesawat era penjajahan Belanda dulu!

Baca juga: Ini 5 Poin Kenapa Tarian Ratoh Jaroe Tetap Terhampar di Memori

Tari Perang

Tarian ini punya ciri khas karena hanya ditarikan para laki-laki dengan memakai pakaian adat tradisional dan beserta perlengkapan perang – sesuai namanya. Karena ini adalah tari perang otomatis filosofi tariannya tentang jiwa kepahlawanan.

Foto: antaranews

Sejarah aslinya nih, tarian ini tentang kisah peperangan antara suku Sentani dan suku Papuan lainnya. Nah, jadi tarian ini dibuat untuk memberikan semangat ke para pasukan Papua. Meski peperangan sudah tak ada lagi, tarian ini masih suka ditarikan.


Tari Musyoh

Kalau tarian satu ini adalah tarian yang terbilang sakral dari Papua. Itu karena tari ini ditarikan jika ada saudara atau warga yang tewas karena kecelakaan, jadi tarian ini ditarikan demi menenangkan arwah mereka.

Lebih jauh lagi, tarian yang punya gerakan energik ini juga ditarikan untuk mengusir arwah-arwah yang gentayangan. Alat musik yang digunakan adalah tifa.

 

Tari Suanggi

Nyaris mirip maknanya dengan Tari Musroh, tarian satu ini bercerita tentang seorang suami yang ditinggal mati oleh sang istri. Jadi tak heran kalau tarian ini dipercaya sangat bernuansa magis, karena mirip ritual.

Arti ‘Suanggi’ sendiri adalah ‘roh jahat’. Roh jahat ini dipercaya memiliki janji yang belum dilaksanakan semasa ia hidup., sehingga saat mati ia jadi roh penasaran. Gerakan tariannya sendiri persis seorang dukun yang sedang berusaha menyembuhkan pasiennya.

Baca juga:Ini Dia Tarian Tradisional yang Sering Ditarikan Saat Pernikahan

Tari Selamat Datang

Sesuai namanya tarian satu ini memang dipakai saat penyambutan tamu besar dan kehormatan di Papua. Penarinya pun nggak harus laki-laki saja, tapi juga bisa ditarikan perempuan.

Foto: youtube / Spenyel Urbon

Sejarah tarian ini terbilang misterius karena nggak ada cerita turun-temurun terciptanya tarian ini. Tapi gerakannya yang enerjik punya nilai-nilai estetika di dalamnya. Oh ya, kostum yang dipakai adalah kostum adat Papua plus atribut senjata. Alat musik pengiringnya pun tifa.

Itulah lima tarian khas dari Papua selain Sajojo. Sajojo sendiri adalah tarian yang sangat ‘Papua banget’ karena memang dibuat untuk memperkenalkan budaya orang Papua yang senang bergaul. Dinamakan Tari Sajojo karena lagu pengiringnya adalah lagu Sajojo.

Siap bergoyang ala rakyat Papua?

Penulis: Orlando

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here