Tips Memilih Sabun Alami yang Sesuai Jenis Kulit Tubuh

0
98
sabun mandi alami
Ilustrasi - Pixabay

Mandi merupakan ritual rutin tiap orang untuk merawat kulit tubuh. Penggunaan sabun pun dipilih demi menghilangkan sel-sel kulit mati sekaligus mendapatkan tubuh yang wangi setelah mandi.

Namun bukan berarti sabun yang Anda pakai setiap kali mandi sudah cocok dengan jenis kulit tubuh Anda. Sebab beberapa jenis sabun yang akan terasa lebih maksimal khasiatnya jika diaplikasikan pada jenis kulit yang tepat.

Sebelum membahas lebih jauh apakah sabun mandi yang Anda gunakan sudah tepat, marilah kita mengenal lebih dahulu jenis sabun yang beredar di pasaran.

sabun mandi
Ilustrasi Sabun Mandi – pixabay

1. Sabun deodorant. Sabun jenis ini mengandung zat kimia yang berfungsi membasmi bakteri penyebab bau badan.

2. Sabun cair anti bakteri. Umumnya, jenis sabun cair anti bakteri diresepkan oleh dokter untuk mengobati gejala bakteri pada kulit. Akan tetapi kini, muncul juga jenis sabun bakteri yang dijual bebas.

3. Sabun medicated. Seringkali digunakan sebagai obat untuk mengatasi jerawat karena mengandung bahan medical seperti sulfur dan tar, Karena kerasnya bahan yang terkandung, sebaiknya gunakan sabun jenis ini hanya berdasarkan petunjuk dokter.

4. Superfatted Soap. Memiliki kandungan minyak dan lemak lebih banyak sehingga membuat kulit terasa lembut dan kenyal.

5. Body wash. Sabun cair yang banyak digemari karena mudah ditemukan.

6. Natural soap. Terbuat dari bahan alami dengan formula lengkap seperti vitamin, minyak nabati, ekstrak bunga, aloe vera, dan minyak zaitun yang coock untuk semua jenis kulit.

wanita setelah mandi
Ilustrasi Wanita – freepik

Perawatan kulit tubuh dengan sabun semestinya memang disesuaikan dengan jenis kulit yang diderita. Jangan sampai niat ingin merawat kulit lebih cerah,malah berbalik menjadi iritasi karena kesalahan dalam memilih sabun. Lalu, apakah sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda? Berikut adalah ulasannya;

1. Jenis Kulit Kering
Kulit kering terjadi karena tidak cukupnya minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak. Kandungan sabun yang cocok untuk jenis kulit ini ialah kopi, lantaran dapat melembabkan, dan menghaluskan kulit. Pilih sabut lembut dengan tekstur agak kasar yang berbahan almond, jojoba, avocado, dan minyak zaitun. Agar perawatan kulit kering kian maksimal aplikasikan pelembab setelah mandi dan konsumsi air putih.

2. Jenis Kulit Berminyak
Punya masalah dengan jerawat di bagian punggung? Bisa jadi gejala ini muncul karena jaringan sebum yang terlalu aktif menghasilkan kulit berminyak dan pori-pori membesar. Sebagai solusi, pilih jenis sabun yang mengandung tea tree oil, olive oil, citrus, lemon, orange, tangerine, atau grapefruit. 

3. Jenis Kulit Normal
Jenis kulit normal memang terasa lebih minim keluhan. Tipe kulit ini cenderung memiliki kulit yang cantik, bersih, dan halus. Gunakan sabun transparan atau gliserin yang memiliki daya kelembaban tinggi demi perawatan maksimal.

4. Jenis Kulit Sensitif
Kulit sensitif sangat mudah terkena iristasi. Hati-hati dengan debu, kotoran, matahari, dan parfum yang dapat menimbulkan masalah. Untuk perawatan, pilih sabun berbahan dasar tanaman, misaknya minyak bunga matahari, tea tree po; dan zaitun yang banyak mengandung vitamin E. *

 

Text. Tim Mahligai 

LEAVE A REPLY