Tujuh Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat ke Jambi

2
280
Tabloid Wisata

SEBAGAI kota di wilayah pesisir timur Pulau Sumatera, Jambi menyimpan pesona wisata yang cukup indah. Hanya sayangnya, destinasi ke Jambi masih kurang familiar bagi para wisatawan lokal apalagi mancanegara. Padalah bila ingin digali lebih dalam lagi, ada beberapa tempat wisata yang layak untuk Anda kunjungi saat ke Jambi. Berikut adalah tujuh tempat wisata yang wajib dikunjungi saat ke Jambi.

1. Air Terjun Segerincing

http://blog.gogonesia.com
Ari Terjun Srigerincing Jambi / sumber : http://blog.gogonesia.com

Air terjun yang berada di Sarolangun, 75 kilometer dari Kota Bangko ini jatuh dengan derasnya dari ketinggian 62 meter. Dengan lebar pancuran air lebih dari tiga meter, air terjun megah ini akan membuat para pengunjung akan terpukau. Apalagi, masih banyak pepohonan tinggi dan vegetasi hijau yang menghiasinya.

2. Gunung Masurai

http://indonesiana.co.id
Gunung Mesurai / sumber : http://indonesiana.co.id

Jika Anda memiliki jiwa bertualang, cobalah untuk mendaki Gunung Masurai. Tempat ini menjadi salah satu icon pariwisata Kota Jambi karena memililki pemandangan alam yang memukau dan masih sangat alami. Selain itu Gunung Masuari memiliki sumber mata air yang terkenal yaitu mata air Batang Tembesi. Tak heran saat musim liburan tiba ada banyak sekali para pendaki yang camping di kawasan Gunung Masuari terutama bulan Agustus dan Juli.

Buat Anda yang doyan petualangan, cobalah mendaki Gunung Masurai. Di atas puncak Gunung Masurai, Anda akan melihat keindahan dengan dua danau kecil yaitu Danau Kumbang dan Danau Mabok. Pendakian dapat diawali dari Dusun Sungai Lalang yang terletak di kaki Masurai, lebih tepatnya di perbatasan antara Kecamatan Muara Siau dan Jangkat.

3. Taman Mini Jambi dan Taman Rimba

hargatiketmurah.com
Taman Mini dan Taman Rimba Jambi/ sumber : hargatiketmurah.com

Taman Mini dan Taman Rimba Jambi merupakan objek wisata terlengkap dan paling terkenal di propinsi Jambi. Pasalnya taman hiburan seluas 18 hektar ini menawarkan berbagai fasilitas menarik yang cocok digunakan sebagai alternatif wisata keluarga. Apalagi letak lokasi wisata ini terbilang cukup strategis karena hanya berjarak sekitar 500 meter saja dari Bandara Sultan Thaha. Dengan demikian Anda tidak perlu repot untuk mengakses tempat wisata yang satu ini.

Taman ini merupakan area rekreasi yang menggabungkan konsep taman wisata bermain dan kebun binatang. Sesuai dengan namanya, di Taman Mini Jambi Anda dapat menikmati eksotisnya rumah adat dari enam kabupaten se propinsi Jambi. Tidak jarang jajaran rumah adat khas Jambi ini dijadikan spot selfie para wisatawan, utamanya mereka yang datang dari luar kota Jambi.

Selain terdapat rumah adat dibangun pula miniatur Candi Muara Jambi dan juga jembatan gantung. Menariknya lagi, sekitar 100 meter dari deretan rumah-rumah cantik ini terdapat pula Taman Satwa Rimba Jambi. Di kebun binatang kebanggaan warga Jambi ini terdapat taman yang lengkap dengan koleksi flora serta ratusan fauna yang mampu menyedot perhatian warga untuk menghabiskan waktu liburan di sini.

4. Taman Anggrek Sri Soedewi

Taman Anggrek Sri Soedewi
Taman Anggrek Sri Soedewi

Taman ini cocok buat Anda yang punya hobi berkebun. Selain bisa mengajak anak-anak berlibur, Anda juga bisa menikmati aneka ragam tanaman anggrek yang ditanam disana.     Disini terdapat sekitar 53 jenis anggrek, tapi di antaranya merupakan jenis yang khas, merupakan  anggrek khas kota jambi. Taman ini terletak tidak jauh dari pusat kota jambi, mungkin hanya sekitar 4 KM dari pusat kota jambi yaitu berada tepatnya di Jl. Jendral Ahmad Yani, Kec. Telanai Pura, Kota Jambi.

5. Gunung Kerinci

Tabloid Wisata
Gunung Kerinci / sumber : Tabloid Wisata

Ingin tahu rasanya berada di puncaknya Sumatera? Yuk, mendaki Gunung Kerinci. Gunung tertinggi di Sumatera yang berdiri megah setinggi 3.805 mdpl ini dikelilingi Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat yang juga cocok buat adventurous traveler. Belum mendaki ke puncaknya saja, Anda sudah bisa melihat kemegahan dan keindahan Gunung Kerinci dari hutan ini. Pokoknya, nggak kalah deh dari Gunung Fuji di Jepang sana.

6. Danau Kerinci

Danau Kerinci
Danau Kerinci

Ingin melihat lagi pemandangan seindah lukisan? Datang saja ke Danau Kerinci, danau terbesar di Jambi (4.200 hektare) yang dipagari hamparan pegunungan yang menyajikan gradasi warna cantik. Anda tak akan jemu memandang hamparan air jernih yang dilatari pegunungan berwarna hijau, kelabu kehijauan, biru kehijauan, hingga biru pucat.

Oh ya, selain pemandangan danau, Anda juga bisa merasakan pengalaman unik di sini. Diantaranya adalah petualangan gastronomik, alias wisata kuliner! Makanan enak yang bisa dicicipi antara lain beras payo, gulai ikan semah, dendeng beteko, lemang, jeruk pelompek, tojin, dan teh kayu aro. Sambil makan, boleh juga beli songket atau kaos untuk oleh-oleh.

7. Candi Muaro Jambi

Candi Muara Jambi / sumber : tribunnews
Candi Muara Jambi / sumber : tribunnews

Selain wisata alam, Jambi juga punya banyak peninggalan sejarah, seperti Candi Muaro Jambi ini. Di sini Anda bisa menikmati keunikan batu berwarna terakota yang menyusun bangunan situs warisan UNESCO ini. Tapi itu belum semuanya, karena masih ada bagian candi yang tertimbun tanah yang jumlahnya sekitar 61 buah candi. Adapun lokasi Candi Muaro berada di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, atau sekitar 26 kilometer dari pusat Kota Jambi.

ALI IMRON H

2 COMMENTS

  1. wah mantap banget min, setelah baca arrtikel ini jadi pengen berkunjung ke jambi nih, tempat-tempat disana benar-benar bikin wisatawan jadi greget
    thanks ya min buat infnya

LEAVE A REPLY