Lima Referensi Perancang Kebaya Untuk Hari Istimewa Anda

0
107
koleksi myrna myura
Koleksi Myrna Myura - Dok. Bella Donna/Elsa

Pada abad ke-15 kebaya mulanya hanya dikenakan keluarga kerajaan. Lalu datangnya Belanda kala itu akhirnya membuat wanita Eropa tertarik pada blus tradisional ini dan mengenakannya sebagai pakaian resmi. Hingga pada akhirnya kini kebaya telah menjadi busana nasional sekaligus identitas pakaian para wanita Indonesia.

Kini kebaya pun hadir sebagai pakaian istimewa dengan desain yang semakin beragam. Secara tak langsung, kehadiran desainer tanah air yang fokus menciptakan kebaya modifikasi pun berperan andil dalam mempertahankan eksistensi kebaya.

Jika Anda berminat untuk mengenakan kebaya di hari istimewa nanti, tak ada salahnya untuk mengetahui beberapa desainer kebaya negeri ini.

1. Biyan

koleksi kebaya biyan
Koleksi Biyan – Dok. Bella Donna The Wedding

Byan Wanaatmadja merupakan salah satu desainer kawakan yang telah berkiprah selama 35 tahun di dunia mode tanah air. Selama itu pula Biyan dikenal konsisten mengangkat tradisi dan budaya Indonesia dalam setiap mahakaryanya, terutama kebaya. Meskipun sudah tak lagi muda, desainer kelahiran Surabaya 62 tahun lalu ini tetap mempertahankan eksistensinya dengan menciptakan busana yang sesuai perkembangan zaman. Dilansir dari wikipedia, gaun rancangan Biyan dihargai mulai dari USD 4,500 sampai dengan USD 10,000.

2. Erdan

pameran pernikahan
Kebaya Rancangan Erdan dalam Acara Love in Diversity Wedding Exhibition – Dok. Makna Foto

Kecintaan Erdan pada busana nasional bermula pada keikutsertaan ia pada Kuala Lumpur Fashion Week 2004. Kala itu hasil rancangan Erdan berhasil menghipnotis publik Malaysia yang notabene-nya hanya mengenal baju kurung dan gaun siap pakai. Sejak saat itulah desainer yang juga tergabung dalam Asosiasi Perancang Pakaian Mode Indonesia ini mencipatakan koleksi kebaya.

Berbeda dengan model kebaya lampau yang banyak bermain pada payet, salah satu koleksi Erdan bertajuk Purity of Kebaya pun justru tampil lebih modern dan minim payet. Meskipun begitu kebaya rancangan pria pemilik nama lengkap Erdan Mardani ini justru terlihat simpel dan elegan.

3. Ferry Sunarto

Koleksi Kebaya Ferry Sunarto
Koleksi Kebaya Ferry Sunarto – Dok. Bella Donna The Wedding

Ferry Sunarto bukanlah nama baru di jagat dunia mode kebaya tanah air. Bahkan, desainer yang belum lama meluncurkan men’s wear ini juga pernah menampilkan karyanya di tanah Eropa. Ciri khas rancangannya yang ‘sophisticated glamour’ pun seolah membuat blus tradisional kebaya terkesan ‘naik kelas.’

Bukan hanya dari segi rancangan kebaya saja yang diciptakan lebih kekinian, Ferry Sunarto juga menjadi desainer yang mempraktikan teknik pemakaian kebaya yang lebih praktis dan modern dengan teknik built in bustier. Tak heran rancangan Ferry menjadi banyak pilihan bagi kalangan selebritis dan sosialita.

4. Myrna Myura

koleksi myrna myura
Koleksi Myrna Myura – Dok. Bella Donna/Elsa

Nama Myrna Myura sebagai desainer kebaya mungkin masih terlalu asing dibandingkan para seniornya seperti Ferry Sunarto atau Biyan. Namun, rancangan kebaya koleksi Myrna Myrna ternyata tak kalah pamornya di jagat dunia maya. Terbukti dengan banyaknya jumlah follower akun Instagram Myrna dan beberapa blog yang mengulas hasil rancangan kebayanya.

Menurut desainer alumni Lassale College International ini, hasil rancangannya yang klasik, simpel, namun lebih bermain pada detail dan warna memang amat cocok diperuntukan untuk kalangan anak muda. Terlebih bila calon pengantin memang menginginkan kebaya yang tidak terlalu menonjolkan adat, namun ingin terlihat playful dan cheerful dengan kebaya modern.

5. Zainal Songket

zainal songket
Fitri, Putri Zainal Arifin berfoto bersama koleksi Zainal Songket di Love in Diversity Wedding Exhibition 2017

Sesuai namanya, label Zainal Songket kian meroket berkat konsistensi sang desainer mengangkat songket dalam tiap rancangannya. Desainer yang sudah berkecimpung selama 32 tahun dalam dunia mode tanah air ini bercerita bahwa, jika dahulu ia lebih sering mengeluarkan koleksi dengan full payet, namun sekarang justru tren berbalik. Kini, pria yang kerap disapa ‘Bang Zainal’ ini lebih sering memenuhi permintaan pelanggan yang ingin dibuatkan kebaya dengan model simpel namun tetap cantik.(*)

 

INTAN WIDIASTUTI

LEAVE A REPLY