Yang Hangat dari Negeri Sendiri

0
114
Ilustrasi Bajigur | Foto: indoculinaryjourney.blogspot.co.id

Tidak hanya kaya akan budaya dan alamnya, Indonesia menyimpan resep-resep minuman yang sarat tradisi. Terdiri dari bahan-bahan alami yang khas nusantara seperti secang , jahe dan kayu manis, menjadikan minuman-minuman ini memiliki rasa yang begitu istimewa.

Bandrek
Bandrek minuman asli Jawa Barat ini memang telah terkenal bahkan di beberapa daerah. Selain rasanya yang enak, bandrek juga  mampu  menyehatkan tubuh.  Rempah-rempah yang terkandung dalam bandrek dipercaya bisa mengurangi kelelahan dan membuat tubuh terasa ringan, Dan bila Anda sedang tidak enak badan, cobalah bandrek untuk meredakan batuk dan flu.

Rasa jahe yang pedas yang terkandung dalam bandrek original  memang kentara sekali. Saat ini, selain bandrek rasa original tersedia juga bandrek dengan rasa kopi, susu, creamer maupun coklat. Beberapa jenis makanan ringan rebus, rasanya menjadi teman yang pas untuk disantap. Saat ini, bandrek dalam kemasan bisa dengan mudah Anda temui.

Bajigur
Adalah minuman khas Jawa Barat yang terbuat dari campuran santan cair, air dan gula merah atau gula aren.  Biasanya bila sesuai selera bisa dicampur rempah rempah, minuman ini nikmat sekali disajikan hangat. Dari segi penampilan, bajigur memang mirip dengan bandrek. Perbedaannya terasa dicicipi karena bajigur lebih terasa gurih karena memakai santan. Menyesap bajigur sambil bercengkerama dengan  keluarga di sore hari adalah saat yang paling tepat.

Bir Pletok
Yang harus Anda tahu mengenai minuman penanding bir para meener ini adalah bir pletok sama sekali tidak memabukkan. Bahan-bahan yang terkandung dalamnya 100% rempah-rempah alami. Bila Anda pernah mencoba wedang uwuh, mungkin rasanya lebih mirip namun ada rasa hangat dan pedas. Rasa pedasnya itu diperoleh lada hitam, cabe jawa, dan serai atau sereh.

Terbuat dari rempah-rempah alami yang mengandung banyak khasiat seperti secang yang mampu  mengusir panas dalam. Minuman ini seringnya disajikan hangat-hangat, namun tidak menutup kemungkinan dalam kondisi dingin. Bila Anda ingin menyuguhkan dalam kondisi dingin, tinggal padukan es batu. Karena bebas bahan pengawet, bir pletok hanya tahan berada dalam lemari pendingin selama 1 minggu

Brem bali
Pulau indah di sebelah timur Pulau Jawa ini juga memiliki minuman khas yang banyak diminati bahkan sampai ke luar negeri. Namanya Brem Bali. Proses pembuatannya mirip pembuatan wine yang semakin lama disimpan maka rasanya semakin nikmat. Minuman ini terbuat dari beras ketan dan beran ketan hitam yang diberi ragi tape secukupnya. Setelah mengalami proses peragian, hasil pres itu akan disimpan selama 6 bulan. Setelah disimpan 6 bulan, minuman dapat dikonsumsi atau dibotolkan.

 Wedang Ronde
Wedang dalam bahasa Jawa berarti “minuman” yang biasanya memiliki kuah panas dan enak disajikan ketika cuaca dingin maupun ketika malam tiba. Ronde adalah sejenis makanan dari tepung ketan yang dibentuk bulat dan didalamnya diisi kacang dan gula yang dihaluskan. Efek yang ditimbulkan setelah meminumnya adalah tubuh terasa hangat.

Sekoteng
Meskipun berbahan dasar jahe, sekoteng tidak memiliki rasa pedas dan panas seperti bir pletok. Rasanya lebih manis dan ringan di tenggorokan. Jahe sendiri diyakini meredakan nyeri lambung dan memulihkan radang sendi. Selain itu sekoteng juga mampu mengobati masuk angin, mengurangi rasa mual, batuk dan gejala flu ringan,  meningkatkan nafsu makan dan meredakan migrain.

Theresia Triomegani

LEAVE A REPLY