Jenis-Jenis Batu Mulia Beserta Keindahan, Status & Mitosnya

0
73
Batu Akik - Batu Mulia
Instagram/ wildandfreepeople

Batu alam nan bening selalu identik dengan perhiasan dan keindahan. Itulah sebabnya batu alam yang telah dipoles menjadi bahan perhiasan tersebut dikenal sebagai batu permata mulia. Selain karena bentuk maupun warna istimewanya, juga lantaran harganya bisa mencapai ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Tak heran bila batu mulia banyak diburu untuk koleksi. Mau tahu jenis-jenis batu mulia yang bisa kita temui? Simak artikel ini!

Intan

Dianggap primadonanya batu permata, tak heran bila intan atau diamond paling mahal dan tinggi nilainya. Intan juga dipercaya sebagai simbol kesucian, kesetiaan dan sekaligus keabadian. Jadi, memang tepat bila ungkapan cinta untuk kekasih dan belahan jiwa Anda nyatakan dengan sebentuk perhiasan bertahtakan intan. Ya, diamonds are forever, sebagaimana rasa cinta yang selalu dipupuk agar abadi.

Ruby

Nama ruby berasal dari kata Latin, ruber yang berarti merah. Juga dikenal dengan sebutan batu mirah atau mirah delima, lantaran warna merahnya sangat khas. Batu ini juga sangat digemari karena warna merahnya dapat bersinar di tempat gelap dan berpijar jika diterangi sinar ultraviolet. Bila ingin terlihat berkilau, sematkan perhiasan ruby. Apalagi, merah batu ini juga dipercaya dapat memberikan aura bahagia dan menambah wibawa pemakainya.

Zamrud

Adalah batu mulia transparan dengan variasi warna hijau segar, hijau kekuningan, sampai hijau tua, juga dikenal dengan sebutan emerald. Bagi para kolektor batu ini dipercaya menciptakan suasana sejuk, aman dan nyaman. Banyak batu permata berwarna hijau, tetapi hijau zamrud-lah yang dianggap paling memesona. Sebagai perhiasan, zamrud tampak paling anggun dan ideal bila diasah model faset dalam bentuk potongan persegi empat yang sangat digandrungi oleh kaum pria untuk dijadikan cincin.

Batu ini dipercaya merupakan batu kelahiran untuk bulan Mei, dan biasanya diberikan sebagai hadiah ulang tahun pernikahan yang ke 55.

Kecubung

Batu bening warna ungu yang juga disebut amethyst ini sejak lama dikenal sebagai batunya raja. Karena mahkota para raja dan ratu lazim bertahtakan batuan amethyst. Tak kurang dari mahkota kerajaan Inggris dan Mesir dihiasi ungu batu kecubung, karena kecubung merupakan simbol kekayaan dan kekuatan monarki. Variasi warna kecubung adalah ungu, lila dan lembayung muda. Kualitas yang terbaik adalah yang terlihat transparan atau tembus pandang.

Aquamarine

Secara harfiah aquamarine bermakna air laut, karena warnanya mirip air laut biru kehijau-hijauan. Warna biru-hijau aslinya hampir serupa dengan batu zamrud. Kualitas dan nilai aquamarine diukur dari warna biru kehijauan yang dipancarkannya. Semakin pekat warnanya, lebih tinggi harganya.

Di kalangan pecinta batu permata, popularitas aquamarine tidak kalah dengan mirah delima (ruby), zamrud dan safir. Dari mitos yang diyakini, konon aquamarine dapat menjernihkan pikiran. Nah, tak ada salahnya menyematkan perhiasan berbatu aquamarine bila sedang stress, agar penampilan Anda terlihat lebih segar oleh aura warna biru-kehijauan.

Cat eye

Ada keunikan dan keindahan tersendiri mengapa batu mulia ini disebut Cat Eye (mata kucing). Bila ada cahaya dalam kegelapan, maka batu ini akan memantulkan berkas sinar mirip pupil mata kucing. Semakin bagus pantulannya, maka semakin tinggi nilai dan harganya. Menengok mitos, batu mata kucing diyakini dapat menambah keberanian sebagaimana yang dimiliki oleh jenis binatang nocturnal (binatang malam berciri khas matanya memancar di dalam kegelapan). Bila Anda phobia gelap, coba sematkan batu mata kucing agar lebih percaya diri.

Teks: Tim – Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY