Kemilau Perhiasan Nusantara

0
338
Swarna Heritage | Foto: Andri Cipto Utomo

Tak banyak negeri yang dikaruniai kandungan mineral begitu melimpah. Indonesia termasuk negeri yang beruntung karena memiliki kandungan mineral di beberapa daerah. Mineral ini kemudian diolah menjadi batu mulia hingga menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan perhiasan.

Ametis, ruby, zamrud, intan, berlian, dan opal adalah sebagian kecil dari batu mulia yang ada di dunia. Sedangkan di Indonesia sendiri ada beberapa wilayah penghasil batu mulia. Kalimantan misalnya, penghasil batu kecubung (ametis) dan berlian. Sementara provinsi Banten menghasilkan batu opal kalimaya.

Selain tiga jenis batuan tersebut, salah satu bahan baku perhiasan lainnya yakni mutiara, berhasil dibudidayakan menjadi salah satu komoditas yang besar. Bahkan, Indonesia menjadi produsen terbesar mutiara laut selatan lewat pembudidayaan di beberapa daerah.

Kekayaan itu kemudian dimanfaatkan secara maksimal oleh sebagian orang. Melalui desain-desain mereka serta tangan-tangan terampil perajin, tercipta sejumlah perhiasan dengan kualitas tinggi. Sebut saja  Handara, Megrania, Reny Feby, dan Swarna Heritage. Keberadaan mereka tidak hanya turut mewarnai jagat kemilau manikam Indonesia namun juga dunia internasional.

Jaminan Keaslian Handara Exclusive Jewellery
Desain yang cantik dan unik bukanlah jaminan kualitas perhiasan. Keaslian bahan baku menjadi salah satu faktor penentu. Untuk itu, Poppy Hayono Isman lewat karya perhiasannya, Handara, tidak hanya menawarkan keunikan desain, namun juga jaminan keaslian bahan baku.

Kemilau kemewahan Handara terbuat dari bahan terbaik seperti emas, berlian dipadu berbagai batu mulia seperti safir, ruby atau mutiara. Didesain secara eksklusif , rancangannya dibuat berbeda antara satu dengan yang lain.

Akulturasi Alam, Seni dan Budaya dalam Megrania
Buah karya Meike Sahala dalam brand perhiasan Megrania merupakan wujud dari akulturasi kekayaan alam, seni, dan budaya Indonesia. Penciptaan Megrania ini sendiri adalah sebuah idealisme tentang karya, cipta produk kerajinan Indonesia dengan menggunakan bahan utama dari hasil kekayaan alam Indonesia.

Salah satu wujudnya adalah rangkaian perhiasan yang dibuat dari kayu eboni dan kayu sonokeling berpadu logam seperti emas, perak, kuningan, dan tembaga.

Etnik Modern ala Swarna Heritage
Wanita di balik desain etnik berpadu sentuhan modern pada Swarna Heritage Fine Jewelery adalah Ratna Zhuhry. Swarna Heritage merupakan replika perhiasan tradisional Indonesia.

Lewat Swarna Heritage, Ratna juga mempelajari filosofi di balik setiap perhiasan. Kalung ikan asal Sumatera Barat contohnya. Merupakan simbol dari kesejahteraan. Atau kalung kitab yang berasal dari Jambi. Disebut kalung kitab karena bisa digunakan orang untuk meletakkan Alquran berukuran kecil.

Ragam Batuan Alam Reny Feby Jewelry
Reny memadukan precious stone, mulai dari berlian, nibi, mutiara, topas dan lain sebagainya menjadi rangkaian perhiasan yang indah. Material kayu dan kulit berpadu perak serta batu tak segan dipadukan untuk menghasilkan perhiasan yang bernuansa etnik dan banyak disukai pelanggannya di Eropa dan Amerika. Selain batu-batuan, mutiara juga digunakan.

LEAVE A REPLY