Tips Memilih Perhiasan untuk Hari Pernikahan

0
55
perhiasan
Ilustrasi perhiasan

Banyak ragam pilihan material untuk perhiasan. Salah satunya berbentuk perhiasan emas. Sejak dulu, logam mulia emas adalah simbol kebanggaan dan status bagi seseorang, khususnya dalam perhelatan pengantin. Itulah sebabnya terdapat tradisi yang berlaku di sejumlah daerah di Indonesia memberikan perhiasan emas kepada calon pengantin yang dianggap sebagai pusaka sehingga bisa diwariska ke anak-cucu.

Ada beberapa jenis perhiasan emas yang diserahkan sebagai pengikat atau peningset. Dalam tradisi kultur timur, cincin pengikat disisipkan di jari manis sang gadis sebelah kiri. Seperangkat perhiasan lengkap, mulai dari cincin, gelang, kalung, hingga anting atau giwang, lazim diserahkan dari pihak keluarga calon mempelai pria kepada calon pengantin wanita saat prosesi seserahan. Bukan hanya itu, perhiasan emas lazimnya juga diberikan oleh sesepuh keluarga sebagai tanda cinta dan harapan doa kesejahteraan kepada kedua mempelai.

Oleh sebab itu, kebutuhan perhiasan untuk hari pernikahan tentu tak bisa disiapkan secara asal. Anda bisa melihat beberapa tips memilih perhiasan sebagai berikut :

1. Beli Sejak Jauh Hari

Sebaiknya, Anda telah menyiapkan konsep busana dan tata rias yang akan dikenakan pada hari H sebelum membeli perhiasan. Dengan begitu perhiasan yang dipakai nanti akan serasi dengan seluruh penampilan. Dalam membeli perhiasan juga setidaknya dilakukan enam bulan sebelum tanggal pernikahan. Anda pun punya cukup waktu untuk melakukan pengubahan yang terkait dengan busana maupun gaya rias wajah dan tata rambut.

2. Pilih Model yang Cocok

Pilih perhiasan yang benar-benar disukai dan cocok untuk Anda. Lebih baik lagi jika Anda memilih perhiasan yang sekiranya bisa dipergunakan lagi seusai hari pernikahan, misalnya pada acara khusus atau sehari-hari.

3. Perhatikan Penampilan Keseluruhan

Pertimbangkan secara keseluruhan penampilan seperti apa yang ingin Anda ekspresikan di hari pernikahan. Misalnya, jika ingin tatanan rambut panjang terurai, sebaiknya pilih perhiasan yang menjuntai ke bawah telinga. Sebaliknya, bila rambut akan disasak atau disanggul ke atas, pilih giwang pendek agar penampilan terlihat elegan.

4. Tentukan Ukuran yang Pas

Ketika memilih perhiasan, pastikan bahwa Anda telah mengukur panjang kalung yang ideal dikenakan untuk model gaun atau kebaya yang nanti akan dikenakan. Juga ukur lingkar pergelangan tangan, maupun ukuran lingkar jari manis tangan untuk mendapatkan ukuran cincin yang tepat. Dengan begitu Anda tidak perlu membuang waktu untuk mengubah ukuran perhiasan.

5. Beli Online atau Langsung?

Saat ini sudah banyak produk yang bisa kita beli secara online. Namun, jika Anda ingin mendapatkan perhiasan yang coock, datanglah ke outlet atau toko perhiasan yang terpercaya, sehingga Anda akan mendapatkan pelayanan yang baik dan memuaskan sesuai apa yang dibutuhkan.(*)

 

Teks. Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY