Aplikasi Tapis Lampung Klasik Pada Busana Pesta Modern

0
3342
Aplikasi Tapis Lampung
Dok. IFW

Nusantara begitu kaya akan kain-kain etnik daerah dengan keindahan tak terbantahkan. Lampung salah satunya, memiliki kain khas bernama tapis. Jika dulu hanya sebatas hadir untuk acara adat, tapis Lampung kini dilirik para desainer sebagai material busana pesta dengan tampilan modern dan glamor.

Desainer anggota APPMI Lampung Zuraida, dalam pagelaran Indonesia Fashion Week 2017 mengusung tapis dalam 15 koleksi busana pesta karyanya. Dua motif klasik tapis yakni Cucuk Rebung dan Dewo Sano dihadirkan Zuraida lantaran keindahan detail motif perpaduan warna keemasan, hitam, dan merah yang mewah.

Aplikasi Tapis Lampung
Foto Dok. IFW

‘’Cucuk Rebung dan Dewo Sano adalah dua motif asli tapis Lampung yang terkenal cantik dan indah. Dulu, motif ini hanya dipakai oleh kalangan raja-raja, dan untuk kain pengantin. Saya mengaplikasi keindahan motif tradisional tapis agar lebih dikenal masyarakat luas, menjadi bagian fashion yang berkelas,’’ ungkap desainer pemilik label Zet Collection by Ida Giriz.

Merujuk jejak sejarah busana adat Lampung, tapis merupakan kain adat yang dipakai wanita Lampung, khususnya di acara-acara kebesaran adat, termasuk pernikahan. Ada motif-motif tertentu yang hanya dipakai pengantin wanita atau kalangan tertentu berkelas sosial terhormat. Pemakaian tapis Lampung, pada masa dahulu, lazimnya untuk kemben.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here