Inspirasi Busana Bridesmaid Khas Indonesia yang Unik dan Elegan

0
1766
Busana Kondangan - Busana Bridesmaid Tradisional
Instagram/ karlinasputri

Menjadi seorang bridesmaid untuk sahabat terbaik yang akan menikah merupakan sebuah kehormatan. Sebenarnya budaya bridesmaid merupakan akulturasi dari budaya barat. Hanya saja, saat ini istilah bridesmaid di masyarakat Indonesia sedang hangat-hangatnya dan menjadi trend. Lalu, apa pengertian bridesmaid sebenarnya?

Bridesmaid bisa dikatakan sebagai pendamping dari pengantin wanita yang mendukung kesempurnaan hari bahagia si pengantin. Tugas bridesmaid cukup banyak, antara lain sebagai asisten dari pengantin wanita jika membutuhkan sesuatu, menjaga mood pengantin wanit, dan lain-lain. Kehadiran bridesmaid juga dapat menjadikan dokumentasi pernikahan lebih beragam dan menarik. Maka dari itu, bridesmaid biasanya mengenakan dresscode khusus yang disesuaikan dengan tema pernikahan.

Ada beberapa pengantin wanita yang lebih memilih untuk memberikan bahan kepada para bridesmaid dibanding memberikan busana jadi. Hal tersebut agar busana yang dikenakan lebih beragam dan sesuai dengan karakter bridesmaid itu sendiri. Namun, hal ini kadang menjadi ‘pekerjaan rumah‘ bagi para bridesmaid untuk memikirkan akan jadi seperti apa busana yang akan dikenakan nantinya. Kami memiliki beberapa inspirasi busana bridesmaid dari yang tradisional hingga yang modern namun tetap dengan sentuhan kain wastra khas Indonesia.

Kebaya Kutu Baru Bermotif

Model kebaya ini memiliki ciri khas yang terlihat di dada. Ya, ada secarik kain yang menghubungkan lipatan kebaya di bagian dada. Motif bunga-bunga seperti ini bisa menampilkan sisi feminin khas wanita Indonesia. Setuju?

Busana Kondangan - Busana Bridesmaid Tradisional
Instagram/ ichaswavira

Kebaya Kutu Baru Beludru

Bahan beludru atau velvet bisa memberikan kesan mewah dan glamour. Model kebaya seperti ini dapat menjadi pilihan untuk Anda yang tidak menyukai motif yang terlalu ramai.

Busana Kondangan - Busana Bridesmaid Tradisional
Instagram/ ilalangportraiture

Kebaya Buka Depan

Siluet kebaya ini menggunakan potongan kerah yang rendah dengan bukaan kancing sengkelit depan. Kebaya ini terlihat lebih modern dengan menggunakan bahan tulle yang diaplikasikan dengan french lace. Ciri khas lainnya, kebaya ini menggunakan korset atau bustier yang terpisah.

Busana Kondangan - Busana Bridesmaid Tradisional
Instagram/ bclsinclair

Kebaya Bali Modifikasi

Kebaya khas Bali berwarna hitam seperti ini memberikan kesan glamor yang elegan. Jangan lupa untuk menggunakan senteng (obi atau ikat pinggang) yang menjadi ciri khas busana wanita Bali.

Busana Kondangan - Busana Bridesmaid Tradisional
Instagram/ gungiss13

Lurik

Kain lurik masih sering dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Padahal, dengan sedikit kreativitas, kain lurik bisa dibuat menjadi dress modern yang unik dan keren.

Busana Kondangan - Busana Bridesmaid Tradisional
Instagram/ karlinasputri

Touch of Batik

Batik merupakan salah satu wastra Indonesia yang sering dipadankan dengan busana modern. Seperti inspirasi di bawah ini.

Busana Kondangan - Busana Bridesmaid Tradisional
Instagram/ riatun___

Teks: Elsa Faturahmah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here