Spesial Hari Kartini, SOGO Departmen Store Keluarkan Koleksi Batik Terbaru

0
158
SOGO Departmen Store _ Batik Drasial
Foto: Dok. Mahligai Indonesia/ Elsa Faturahmah

Batik menjadi warisan berharga dari leluhur bangsa yang harus dilestarikan. Memiliki daya pikat yang unik, motif batik merupakan karya seni yang amat membagakan bagi pemakainya. Apalagi, kini batik telah bertransformasi menjadi pakaian-pakaian bergaya modern yang kian variatif. Sehingga peminatnya pun merambah ke anak-anak muda yang lebih “melek tren”.

Memeriahkan Hari Kartini, SOGO Departmen Store menghadirkan koleksi batik terbaru dari Batik Draisal yang membawa kecerian dengan pilihan warna-warna lembut nan elegan, seperti warna pink, peach, tosca, navy blue dan lain-lain. Fashion show bertajuk “Kartini Day Collection Fashion Show” ini diadakan di SOGO Plaza Senayan, Sabtu (7/4/2018).

Sebanyak 30 busana batik karya perancang sekaligus pemilik Batik Drasial, Rika Mujiyono ini terdiri dari motif batik klasik asal Jawa Tengah seperti motif parang dan kawung, serta motif batik Cirebon, piring selampad. Motif-motif pilihan tersebut mengandung filosofi yang diharapkan dapat memberikan energi postif bagi para pemakainya.

Motif parang mengandung makna kekuatan mental yang kokoh, kebijaksanaan dan keadilan, dan konsistensi dalam hal kebaikan. Sedangkan motif kawung melambangkan kesucian hati, umur panjang dan kehidupan yang selayaknya bermanfaat bagi alam semesta. Tidak kalah menarik, motif piring selampad dimaknai sebagai motivasi untuk senantiasa saling berbagi sumber kehidupan.

Produk Drasial memang telah dikenal sebagai produk unggulan anak bangsa dengan mengangkat kearifan lokal budaya Indonesia dan aktif dalam pengenalan wastra nusantara pada masyarakat luas. Tidak hanya berupa pakaian, Batik Draisal juga menawarkan produk berupa tas wanita yang terbuat dari kulit domba dan sapi berkualitas dengan kombinasi batik tulis dan wastra nusantara.

Disinggung soal pemilihan bahan, Rika Mujiyono menuturkan, “Ini juga termasuk koleksi musim semi dari Batik Draisal, di mana musim ini membawa suasana yang cerah, berbunga-bunga, dan membawa keceriaan. Karena itu saya memilih bahan linen, tenunnya kuat, bahannya juga ringan, sehingga nyaman untuk pemakainya di musim-musim seperti sekarang,” tutur Rika Muljadi.

Teks: Elsa Faturahmah

LEAVE A REPLY