Tips Tampil Cantik dan Modern dengan Kebaya

0
68
Ispirasi Kebaya Modern
Dok. Mahligai Indonesia

Tak sedikit kaum perempuan enggan berkain atau berbusana kebaya (atau busana daerah lainnya) lantaran merasa tubuhnya tidak ideal atau kurang proporsional. Ketahuilah, kebaya (bahkan busana daerah Nusantara lainnya) mampu menampilkan citra keindahan khas Timur untuk menghadiri acara istimewa. Tak perlu panik dengan undangan dress code ‘berbusana nasional’ atau sentuhan ‘kebaya’. Berikut ini panduan praktis oleh Yani – Yanis’s Rumah Mode, untuk menampilkan citra aura wanita Timur.

Tips Untuk Badan Besar/ Gemuk

Jika Anda memiliki tubuh gemuk, lebih baik hindari model kebaya dengan kerah atau garis leher yang bertumpuk-tumpuk, karena akan terkesan kelihatan tebal. Leher pendek juga akan makin ‘tenggelam’ dengan adanya tumpukan renda-renda di sekitar garis leher. Pastikan Anda tidaka memilih kebaya berkerah Shanghai, karena akan memberi kesan leher Anda makin ‘terjepit’ atau kebaya dengan model lengan berkerut-kerut dan bervolume/ menggembung. Warna terang juga sebaiknya dihindari.

Gunakanlah kebaya dengan warna gelap karena akan membuat Anda yang bertubuh besar terlihat lebih ramping. Jenis material/ kain yang jatuhnya lembut dan tidak kaku, juga bisa menjadi pilihan tepat. Nah, jika ingin memakai busana bermotif, pilih ornamen yang sedang dan kecil-kecil. Bila motif bergaris, usahakan memilih model bergaris vertikal (misalnya bahan lurik, pastikan motif garis lurik dalam posisi vertikal). Dan dari pada milih kebaya berkerah Shanghai, lebih baik pilih kebaya dengan leher bergaris V (potongan meruncing dan menyempit di bagian bawah). Model seperti ini akan memberi ilusi leher kelihatan lebih jenjang.

Tips Lebih Luwes dan Tidak Terlalu Formal

Pilih desain yang tidak terlalu ramai. Model kebaya simpel akan mencitrakan kesan lebih elegan dan chic. Gunakan kebaya yang tidak terlalu panjang. Kebaya pendek ke bawah panggul menampilkan kesan modern. Pilih ukuran panjang tangan ¾ atau 1/5 atau bahkan pendek sebatas lengan atas akan meberi kesan lebih kasual. Hindari jenis material glossy, mengkilap, bahkan metalik.

Padu-Padan

Kebaya juga bisa dipadankan dengan kain batik, kain songket, tenun maupun kain tradisional dari daerah lainnya. Agar tetap serasi dipandang mata, kebaya dapat didesain sedemikian rupa sehingga sesuai dengan selera dan karakter pemakainya. Dengan gaya kebaya klasik atau modern dibarengi dengan pemilihan material yang tepat disesuaikan dengan momen acara yang dihadiri. Sehingga si pamkai akan kelihaan luwes, elegan tentunya cantik dan tetap mencerminkan budaya tradisional Indonesia.

Tips Penampilan

Pagi

Pilih warna teduh, tidak terlalu mencolok. Atau, bermotif bunga-bunga warnanya nude atau pastel lembut. Desain kebaya simpel dan jangan terlalu ramai. Payet boleh saja diaplikasikan untuk kebaya pagi, sebaiknya pilih yang ornamen/ payet doff. Pilih material yang jatuhnya lembut, seperti siffon, katun, linen, atau rayon. Aksesori terbuat dari mutiara-mutiara atau batu-batu alam.

Siang & Sore

Pilih warna natural, dengan model yang bisa dipadu-padan. Gunakan jenis material bahan dari tenun, lace, rayon, dll. Gunakan penambahan aksesori seperti giwang, bross, subang yang model simpel. Penambahan selendang di bahu supaya tampilan lebih anggun.

Malam

Pilihlah kebaya warna lebih cerah, segar, dan terang. Gunakan desain kebaya sesuai karakter pribadi pamakai, agar aura terpancar anggun. Jenis material seperti sutra, siffon ringan, velvet atau beludru, lace, silk satin, dll. Penambahan aksesori klasik dan lebih bercahaya, seperti perak atau emas dengan aksen berlian atau gemstone.

Inspirasi Kebaya Modern

Teks. Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY