Wah! Ini 9 Fakta Seru Busana Pengantin Betawi

0
96

Ngomongin pengantin dan busananya memang seru banget. Kali ini, yuk, kita selami betapa serunya detail busana pengantin Betawi!

Tampil menawan di hari H dengan busana tradisional nusantara yang khas dari daerah masing-masing memang menjadi pilihan.

Tentu saja ini yang kerap membuat pesta resepsi pernikahan nusantara menjadi unik dan tak bisa disamakan dengan ritual pernikahan internasional. Apalagi kalau bukan detail busana yang ada begitu sangat detail banget!

Salah satu yang bisa mencuri perhatian mata adalah detail busana pernikahan Betawi.

Yuk, kita cek beberapa fakta yang memang hanya dipunyai busana pernikahan Betawi.

Misalnya saja…

 

 

#1  Sentuhan Ornamen

Perpaduan berbagai elemen etnik sangat kental mengilhami busana adat pengantin Betawi. Pengaruh unsur Cina, Arab dan India jadi komposisi keren di tiap detil busana plus aksesorisnya.

Sentuhan ornamen etnik China terwakili motif bunga, naga emas, dan burung hong yang bisa dilihat pada ornamen perlengkapan busana serta aksesoris kepala pengantin wanita.

Unsur Arab melekat pada busana pengantin pria berupa gamis dan jubah serta penutup kepala yang sekilas terlihat seperti surban.

Meski terjadi perubahan materi bahan dan garis rancangan busana sesuai perkembangan masa, namun busana pengantin adat Betawi ‘masa kini’ tetap pada pakem dan tradisi dengan arti dan filosofi tersendiri.

 

Detail khas dari busana pengantin Betawi memang unik

 

#2  Busana Rias Besar

Unsur warna kuning keemasan yang menonjolkan kesan mewah pada busana serta komposisi hiasan kepala jadi salah satu rancangan busana yang ‘megang banget’ untuk Busana Rias Besar Betawi.

Detailnya kaya dengan elemen sulam benang keemasan, rumbai-rumbai dan manik-manik sehingga terlihat unik!

Delima teratai Betawi terlihat keren banget saat menghiasi bagian dada mempelai wanita. Siangko bercadar ‘menyembunyikan’ paras jelita, serta gemerlap busana tuaki dan kun membalut tubuh none pengantin. Berdampingan dengan tuan pengantin yang gagah bersurban, dibalut gamis dan jubah nan megah.

 

 

 

#3  Merah Menyala

Perpaduan warna merah menyala dan kuning emas khas oriental terwujud di Busana Kebesaran sang none dan tuan mantu. Komposisi busana yang diperkaya detail sulam dan elemen aksesoris penghias kepala tampak ‘menyatu’ indah dipandang.

Betapa kaya aksesoris mempercantik kepala sang none pengantin, mulai dari kembang goyang, burung hong, tusuk paku, tusuk bunga, sampai cadar siangko yang semuanya dirancang dengan harmoni dan estetika penuh selera berbudaya.

 

Baca Wow! Ini 4 Tradisi Malam Menjelang Lepas Masa Lajang

 

 

#4  Senada

Disebut ‘Rias Bakal’ karena busana dan tata rias rambut yang terlihat lebih simpel tersebut lazimnya dikenakan pada saat ritual prosesi menjelang akad nikah. Sanggul sawi asin dengan hiasan ronce melati dan kembang goyang mempercantik kepala sang putri.

Busana model baju kurung bertabur manik-manik, dilengkapi lidah-lidah yang menghiasi dada. Dipadukan kain beragam pilihan, bisa batik motif Betawi, songket Palembang, Padang atau Medan dalam warna yang senada.

Mempelai pria berbusana jas tutup beskap ujung bawah agak runcing, serta celana panjang dengan aksen kain bermotif serupa mempelai wanita.

 

#5  Kun, Tuaki dan Care Haji

Ini jadi sebutan seperangkat busana adat yang dikenakan pengantin wanita dan pria untuk acara kebesaran atau resepsi adat. Beragam pilihan ornamen keemasan sebagai simbol citra mewah dan megah memang menjadi pilihan yang diterapkan pada bahan dasar busana.

Keindahan perpaduan antar berbagai elemen etnik dari China, Arab dan India terwujud indah pada rancangan busana adat pengantin Betawi yang tetap lestari hingga kini.

 

#6  Ceria

Kultur Betawi berkarakter terbuka, spontan dan lugas. Demikian halnya soal pilihan warna yang diterapkan pada busana adat pengantin. Nuansa warna-warna hangat, oranye misalnya, jadi alternatif pilihan yang banyak disuka untuk menghadirkan suasana ceria sebuah pesta berkarakter Betawi.

 

Detail busana pengantin Betawi untuk pria yang asyik!

 

#7  Elegan

Pilihan warna seakan tiada batasannya. Untuk memancarkan kesan elegan dan chic maka warna silver blue metalik dengan aksen kilau putih mutiara pun terlihat serasi untuk pasangan pengantin Betawi.

Penerapan warna senada juga diaplikasikan secara keseluruhan baik untuk aksesoris kepala, hiasan dada, serta perlengkapan penunjang lainnya. Elegan namun tetap memancarkan aura ceria.

 

Baca Tampil Menawan dengan Busana Pengantin Adat Cirebon

 

#8  Kontemporer

Gaya rancangan untuk busana pengantin Betawi laksana atraksi ‘campursari’ dari berbagai ornamen etnik yang tampak harmonis dan serasi.

Memadukan tuaki –yakni baju bagian atas berhiaskan delime Betawi— warna merah menyala dengan rok lebar berkarakter etnik India yang biasa dipakai untuk busana Sari, menghasilkan harmoni motif dan warna yang eklektik berselera.

 

 

#9  Klasik

Perpaduan warna hitam dan kuning keemasan diperkaya detil ornamen berbentuk naga pada busana, jadi salah satu pilihan yang tetap banyak disukai untuk menciptakan atmosfer klasik khas gaya Betawi tempo doeloe.

 

Keren dan menawan banget, kan?

 

 

Dwi Ani Parwati

Foto: Angling-Natural Art Photography (5696 3473, 0818941529) – Dekorasi & properti: Rumah Kampung Elite Decor by Fajar (021-734 3303, 08161931067) – Asisten Pengarah: Widiyanti – Rias wajah dan rambut: Novi Arimuko (021-765 3767,  0818 861 632) – Model: Rahmania, Kirana (Look Models) & Reza (Platinum)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here