Deretan Satriyan dari Tuban ala Desainer Denny Wirawan

0
37
Denny Wirawan
Foto: Dok. JFFF 2019

Kekayaan batik di negeri ini memampukan setiap orang untuk berkarya, bermain-main dengan imajinasi yang membuncah. Desainer Denny Wirawan, dalam ajang JFFF 2019 lalu, menampilkan deretan kreasi busana dari batik Gedog Tuban.

Batik Gedog Tuban memiliki keistimewaan pada proses pembuatan dan juga motifnya. Motif ini pertama kali dibawa oleh Laksmana Cheng Ho dari Tionghoa pada abad ke-15, di masa pemerintahan Majapahit. Maka jangan heran bila nuansa China pada batik Gedog begitu kental.

Terlihat dari gambar burung Hong yang kemudian menjadi ciri khas batik tersebut dan kemudian dikenal menjadi motif Lokcan.

Batik Gedog sendiri memiliki beragam motif, seperti Ganggeng, Kembang Randu, Kembang Wuluh, Cuken, Melati Selangsang, Satriyan, Kijing Miring, Likasan Kothong, Guntingan, Kenongo Uler, dll.

Satriyan by Denny Wirawan
Satriyan by Denny Wirawan

Nah, salah satu motif batik ini, yaitu ‘Satriyan’ menginspirasi Denny dalam menciptakan karyanya. Satriyan sendiri memiliki arti ksatria, yang mengisahkan tentang perjuangan masyarakat Jawa Timur khususnya Tuban yang masih mengandalkan hidup dari pertanian. Dan menjadikan pekerjaan menenun serta membatik sebagai mata pencaharian sampingan.

Denny menampilkan serangkaian koleksi dengan tampilan nuansa  rustik yang memadukan beberapa motif batik dikombinasikan dengan embroidery dan beads. Selain itu koleksi kali ini sarat dengan garis atau potongan tailored seperti outer yang berpadu manis dengan bawahan bervolume atau transparan.*

Penulis: Tim Mahligai
Foto: Dok JFFF 2019

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here