Seru! Mengenal Lebih Jauh Kerennya Kain Songket

0
37

Terlihat cantik menawan dengan kebaya – sudah biasa. Bagaimana kalau dengan tampil cantik menawan dengan kain songket?

Kain songket sangat erat kaitannya dengan provinsi Sumatra Selatan. Tak heran memang mengingat kain ini adalah warisan budaya dari Kerajaan Sriwijaya.

Di luar kegunaannya sebagai mahar serta busana kebesaran adat pengantin, songket Palembang banyak dijadikan sebagai koleksi keluarga yang sangat berharga.

Disebut ‘sangat berharga’ karena biasanya proses pembuatan sehelai kain sangat rumit, butuh waktu berbulan-bulan hingga setahun untuk jadi sehelai kain.

Songket sendiri berasal dari dari kata ‘tusuk’ dan ‘cukit’ yang disingkat menjadi ‘sukit’, lalu berubah jadi ‘sungkit’. Akhirnya orang Palembang menyebutnya sebagai songket.

Pendapat lain menyebutkan, ‘songket’ berasal dari kata ‘Songko’, yang berarti saat pertama orang mengenakan benang hiasan kepala. Songket adalah proses penambahan benang timbul dalam bentuk-bentuk tertentu, yang dibuat dengan cara menyisipkan benang tambahan itu di atas atau di bawah silangan benang lungsi dan pakan, sesuai dengan pola motif yang akan dibentuk.

Motif yang ada pada sehelai kain songket ternyata tak sekadar hiasan semata. Ada makna serta maksud yang tersirat di dalamya.

Secara garis besar, songket Palembang punya komposisi motif yang dipisah jadi tiga bagian: motif flora, geometris, dan campuran.

Keren, kan?

 

Baca Ya! Ini 4 Jurus Menjaga Awetnya Kecantikan Koleksi Mutiara

 

Ragam songket yang indah dan halus lazim diperuntukkan bagi pengantin wanita untuk dipakai di hari pernikahan. Salah satu motif yang khusus dipakai mempelai adalah Songket Lepus.

Biasanya songket ini juga dilengkapi selendang dengan hiasan manik-manik yang menjuntai lembut dan mewah. Selain motif Lepus, juga digunakan songket Limar dan Nampan Perak juga digunakan saat prosesi adat pernikahan pengantin Palembang.

 

Cara menyimpan songket

Saat menyimpan kain songket di dalam lemari sebaiknya letakkan juga beberapa butir lada atau cengkeh di sekitarnya.

Aroma lada dan cengkeh yang khas ternyata bisa mengusir ngengat maupun rayap yang hidup dalam lemari.

Ya, perlu perlakuan khusus memang untuk menjaga agar kain-kain berharga, seperti kain songket ini tetap menawan dipandang maupun digunakan.

Siap tampil menawan dengan songket?

 

 

 

 

Tim Mahligai Indonesia

Foto: https://2.bp.blogspot.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here