Ya! Ini 4 Jurus Menjaga Awetnya Kecantikan Koleksi Mutiara

0
45

Mutiara memang menjadi alternatif menaikkan kecantikan penampilan perempuan Indonesia. Mengoleksi mutiara pun harus ngeh dengan menjaga awetnya.

Jika kita agak awam mengenai eksistensi mutiara, tak berarti jadi cuek dengan keberadaannya. Apalagi jika kita tertarik untuk mengoleksi mutiara.

Mutiara sebagai perhiasan memang menjadi poin tersendiri untuk kaum hawa di seluruh dunia, khususnya Negeri Nusantara Indonesia ini.

Dengan mutiara sebagai kalung, mutiara sebagai cincin atau mutiara sebagai gelang atau tiara rambut, jelas membuat penampilan jadi menawan.

Tapi bagaimana dengan karakteristik mutiara sebagai perhiasan?

Mutiara adalah perhiasan yang keras dan kuat, karena tersusun oleh senyawa organik calsium carbonat yang berasal dari laut. Namun, bukan berarti mutiara tidak rentan sehingga bisa mengurangi keindahannya.

Ya, mutiara persis aksesoris perhiasan lainnya, memang rentan. Tapi tenang, tak perlu panik. Perawatan yang pas akan menjaga mutiara koleksi kita jadi terjaga dengan baik.

Coba cekidot beberapa jurus merawat koleksi mutiara ini:

 

Jurus Membersihkan

Mutiara sangat rentan pengaruh zat acid (asam), sehingga bila kena keringat setelah dipakai, segera bersihkan mutiara dengan air hangat.

Untuk membersihkannya pun jangan asal bersihkan dengan berbagai cairan pembersih. Jangan pernah menggunakan pembersih yang mengandung alkohol.

Setelah membersihkan, letakkan di atas kain lembut dan permukaan halus untuk mengelapnya.

 

Jauhkan dari Zat Kimia

Molekul yang terdapat pada make-up, parfum dan hairspray bisa dengan mudah menimbulkan korosi, dan bisa berakibat mutiara lama-kelamaan terlihat seperti berkarat.

Kenakan anting, kalung atau gelang mutiara 30 menit setelah menggunakan parfum, make-up atau produk-produk kosmetik lain yang mengandung kimia pada tubuh.

 

Baca Keren! 5 Aksesoris Etnik Ini Sulap Tampilan Jadi Maskulin dan Feminin

 

 

Menjaga Kilaunya

Ruangan yang lembab baik untuk membantu menjaga kilau indah mutiara. Jadi, jangan terlalu lama menyimpan perhiasan ini, terutama di udara yang ber-AC.

Kenapa?

Karena bisa membuat kering dan berakibat merusak permukaannya. Sering-seringlah memakainya karena kelembaban bagus untuk mutiara.

 

Baca Saatnya Menikmati Kisah Kecantikan Mutiara

 

Momen Menyimpan

Komposisi mutiara yang dari senyawa organik, maka ia sangat perlu terlindungi dari sengatan panas matahari atau suhu yang terlalu dingin.

Suhu yang ekstrem akan membuat mutiara mudah rusak. Simpan dalam kantong dari bahan sutra, kemudian masukkan dalam plastik yang berlubang, untuk menjaga kelembabannya.

 

Siap menjaga koleksi mutiara?

 

 

 

 

Tim Mahligai Indonesia

Foto: dok Mahligai Indonesia

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here