Lima Macam Model Kebaya yang Patut Anda Tahu

0
74
busana nasional
Ilustrasi Baju kurung dan Kebaya - Dok. Mahligai

Feminin, anggun, dan elegan, itulah tiga kata yang tepat untuk menggambarkan kebaya – busana khas perempuan Indonesia. Sejarah asal muasal kebaya ini memang masih simpang-siur. Beberapa sumber menyatakan kebaya berasal dari busana dengan belahan depan yang lazim dikenakan wanita Melayu sejak abad ke-18.

Dalam perkembangan sejarahnya, busana ini juga dipakai oleh para wanita Cina Peranakan – yang kemudian dikenal sebagai kebaya encim, bahkan juga oleh para noni Belanda.

Hingga saat ini, perkembangan desain kebaya sangatlah dinamis dan tetap memiliki tempat tersendiri dalam dunia fashion tanah air. Mari kita mengenali beberapa jenis potongan busana kebaya berikut ini :

1. Kebaya Kartini

Dikenal sebagai warisan yang dikenakan oleh perempuan ningrat semasa era R.A Kartini. Masyarakat mencatatnya sebagai Kebaya Kartini. Mirip dengan Kebaya encim, namun memakai aksen lipatan pada bagian dada dan panjang kebaya menutup panggul.

Ciri khas lain kebaya kartini berupa lipatan kerah yang membentuk garis vertikal yang memberi ilusan tinggi dan ramping pada pemakainya. Selain itu, penambahan stolla bisa membuat kebaya ala Kartini tampil lebih eksotik dan dramatik.

2. Kebaya Kutubaru

Siluet Kebaya Kutubaru ini ditampilkan dalam bentuk gier (lapisan bagian tengah muka kebaya) dan sebagai pembatasnya menggunakan kutubaru (kaitan benang). Potongan kebaya seperti ini lebih berkesan standar dengan lengan sedikit pas. Lazimnya busana Kebaya Kutubaru menggunakan tambahan korset atau long torso yang terpisah dari kebaya.

3. Kebaya Buka Depan

Siluet kebaya ini menggunakan potongan kerah yang umum dipakai, yakni sedikit rendah dengan bukaan kancong sengkelit depan dan siluet kebaya yang melingkar ke kebelakang. Desain kebaya ini berkesan sedikit modern dengan menggunakan bahan tulle yang diaplikasi dengan french lace. Pada saat dikenakan biasanya menggunakan bustier atau korset yang terpisah.

4. Baju Kurung

Berawal dari busana tradisional khas Sumatera yang sangat kuat akan tradisi akar budaya Islami, dimana baju kurung tersebut dibuat tidak begitu pas di badan dan dengan bukaan belakang. Bermodel simpel layaknya sebuah blus, biasanya menggunakan voring sebagai lapisan agar kulit tertutup.

5. Kebaya Modifikasi

Kebaya modifikasi dibuat dengan model yang tak sesuai pakem seperti kebaya sebelumnya. Kebaya modifikasi hadir sebagai cara agar para perempuan Indonesia tampil dengan gaya modern dalam balutan busana tradisional, kebaya. Lazimnya, kebaya modifikasi sudah banyak mengalami variasi baik berupa potongan maupun pada detailnya. Saat ini, ada banyak pula desainer Indonesia yang menjadikan kebaya sebagai ciri khas rancangannya seperti, Ferry Soenarto, Biyan, dan Anne Avantie. (*)

 

INTAN WIDIASTUTI

 

LEAVE A REPLY