Mengenal Keunikan Ragam Batik Khas Jawa Barat

0
1700
batik garut
Motif Lancah (Laba-laba), Garut, Koleksi Sendy Yusuf

Batik wilayah Jawa Barat memanglah belum setenar motif batik yang dihasilkan dari wilayah Jawa Tengah. Padahal, beberapa batik khas wilayah di Jawa Barat seperti, batik Tasikmalaya, batik Ciamis dan juga batik Garut, memiliki sejarah cukup panjang dalam karya olah batik di bumi Priangan.

Batik Jawa Barat kini sudah berkembang di 23 kota dan kabupaten. Berdasarkan hasil survei Yayasan Batik Jawa Barat, tercatat ada sekitar 300 pengusaha dengan lebih dari 6.000 pengrajin batik di Jawa Barat. Batik Cirebon tercatat yang paling banyak produksinya.

Berikut ini, mari kita kenali keunikan ragam batik dari tiga  daerah di bumi Priangan: yakni batik Garutan, batik Tasikmalaya, dan batik Indramayu.

1Batik Indramayu

Batik Cap Indramayu – Dok. Disparbud Jawa Barat

Ciri utama batik Indramayu ialah pemakaian warna merah mengkudu, coklat kemerahan, dan biru indigo dengan latar berwarna krem. Komposisi warna yang kontras antara warna latar dan warna motif utama menjadi ciri khas batik Indramayu. Warna batik Indramayu, seperti pada umumnya dari daerah pesisir, memiliki ragam warna dengan komposisi yang cerah, segar dan dinamis.

Motif batik Indramayu banyak menggambarkan unsur flora dan fauna, yang menjadi ciri khas alam pesisir seperti ikan, udang, bunga, daun, akar, dan beberapa jenis burung sebagaimana yang terlihat pada corak Lokcan yang memiliki makna ‘sutera biru’. Salah satu ciri khas batik Indramayu adalah susunan motif non geometris yang menyebar dinamis dan atraktif memenuhi sehelai bidang kain.

Back

LEAVE A REPLY