Pesona Kebaya Modern Karya Ferry Sunarto

0
95
kebaya ferry sunarto
Dok. Ferry Sunarto

SEJAK abad ke-15 kebaya sudah dikenal sebagai pakaian tradisional yang dikenakan perempuan Indonesia. Selama itu pula kebaya terus mengalami pasang-surut dalam industri mode tanah air. Hadirnya desainer tanah air yang fokus melahirkan beragam kebaya modifikasi pun tak dipungkiri berperan andil dalam mempertahankan eksistensi kebaya. Salah satunya ialah Ferry Sunarto, desainer ternama yang rancangan kebayanya lekat dengan kesan sophisticated glamour.

Dalam acara bertajuk Cinta Kebaya Nusantara yang digelar beberapa waktu lalu, desainer asal Bandung ini menampilkan deretan koleksi masterpiece dari House of Ferry Sunarto. Sebanyak 12 busana bernuansa warna khas lembut seperti, mint green dan rose gold mendominasi koleksi yang dihadirkan. Pilihan warna ini pun mewakili signature karya Ferry Sunarto yang terkesan cantik, elegan dan romantic.

Meskipun mengusung konsep busana yang sophisticated bukan berarti karya Ferry Sunarto mengabaikan pakem kebaya yang sudah ada. “Sophisticated dalam pengertian ini ialah sesuatu yang kekinian dan modern. Kebaya bagi saya sendiri bukan hanya sesuatu yang dilestarikan, tetapi dikembangkan menjadi sesuatu yang kekinian. Pakem kebaya tetap ada namun dibuat dengan look yang lebih edgy dan lebih modern. Sehingga kebaya kita masih cocok dipadukan dengan wastra Indonesia,” ujar pria yang gemar tampil rapi ini saat kami temui dalam wawancara khusus.”

Hal tersebut pun dibuktikan oleh Ferry pada setiap koleksinya. Meskipun secara look  tidak seluruhnya menampilkan model kebaya, namun Ia selalu mempertahankan pakem kebaya seperti model kerah, bukaan, hingga siluet khas kebaya. Aplikasi seperti bordir, embroidery, bordir, 3D motif, dan tulle pun turut menegaskan citra mewah, elegan, dan sophisticated  pada kebaya yang ditampilkan. Melalui koleksinya, Ferry ingin merepresentasikan sosok wanita yang smart, beautiful, namun mencintai akar budaya sendiri.

Ferry juga menerapkan teknik pemakaian kebaya yang lebih praktis dan modern. Bila selama ini umumnya kebaya dikenakan dengan korset atau bustier terpisah, Ferry mengusung teknik built in bustier yang dianggap lebih memudahkan wanita Indonesia mengenakan busana khas ini.*

INTAN WIDIASTUTI

LEAVE A REPLY