Tips Berbusana Nasional yang Sesuai Etika

0
6140

Dress code atau aturan berbusana umumnya ditentukan oleh pihak penyelenggara dengan tujuan menyelaraskan busana tamu undangan dengan acara yang digelar. Selain menghargai pihak tuan rumah yang mengundang, berbusana sesuai dress code juga penting agar Anda tidak salah kostum saat menghadiri acara.

Bila dress code yang diminta ialah “busana nasional,” maka ada beberapa pakem yang sebaiknya disesuaikan dengan jenis acara yang hendak dihadiri, apakah acara  resmi kenegaraan, acara resmi non kenegaraan, atau acara tidak resmi.

Busana nasional sendiri merupakan pakaian yang mencerminkan suatu bangsa. Dengan beragamnya etnik yang ada di Indonesia, tentu beragam pula pilihan busana nasional yang bisa Anda gunakan. Misalnya, kebaya berpadu kain batik, baju kurung dengan kain songket, baju bodo dan kain Makassar, dan seterusnya.

Berikut adalah aturan berbusana nasional sesuai tiga jenis acara yang bisa dijadikan pedoman ketika menghadiri suatu perhelatan.

3Acara Tidak Resmi/Non Formal

Busana Non Resmi-Foto: DOk. Mahligai

Untuk acara tidak resmi/non formal memang etiket berbusana lebih longgar. Akan tetapi bukan berarti Anda bisa asal memakai busana nasional. Acara tidak resmi yang menerapkan busana nasional misalnya, coffee morning, launching, pembukaan pameran, ulang tahun, dan sebagainya.

Etika Busana
– Bila acara digelar pada pagi hari, kenakan blus kebaya atau baju kurung modifikasi dengan bentuk dan bahan yang lebih sederhana
– Hindari busana berbahan lace atau brokat maupun penerapan payet yang berlebihan
– Pilih kombinasi warna pastel atau yang tidak terlalu mencolok.
– Sebagai penataan rambut, aplikasikan model sanggul cepol atau sanggul dewi.

Baca Juga : Yuk Mengenal Lima Jenis Kain Batik Nusantara

Perhiasan Pendukung

perhiasan
Ilustrasi Perhiasan – Dok, Mahligai

Sebagai pelengkap, Anda juga bisa menambahkan perhiasan demi menunjang penampilan. Gunakan perhiasan daerah yang sesuai dengan model busana, acara, maupun tempat perhelatan digelar. Sementara untuk selendang, wajib dikenakan saat memakai baju kurung untuk acara resmi. Sebab, selendang menjadi ciri khas baju kurung Indonesia dengan yang digunakan para perempuan Malaysia atau negara serumpun lainnya.

 

Text. Tim Mahligai Indonesia

Next

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here