Tips Padu Padan Kebaya untuk Acara Formal

0
89
Ilustrasi Kebaya - Instagram

Jika wanita India identik dengan kain saree, maka wanita Indonesia identik dengan kebaya. Meskipun belum ada bukti akurat soal asal-muasal kebaya di Indonesia, namun kebaya sudah dipakai wanita-wanita Jawa sejak abad ke 15.

Lewat dukungan para desainer Indonesia yang rutin mengeluarkan koleksi terbaru, ragam kebaya masa kini pun semakin bervariasi. Bahkan bisa dikatakan menjadi busana andalan para wanita saat tampil dalam acara formal seperti, menghadiri undangan pernikahan atau acara penting lainnya. Hingga ada anggapan bahwa paling tidak tiap wanita Indonesia perlu memiliki mininam satu set kebaya di dalam lemari pakaian.

Tak perlu khawatir, jika Anda menerima sebuah undangan yang terlampir catatan  dress code sentuhan kebaya. Sebab kini banyak sekali kreasi baru kebaya tampil ringan dan berpihak pada gara urban yang dinamis dan serba praktis. Namun jangan sampai asal pilih juga. Mari simak tips padu padan kebaya untuk acara formal berikut ini.

1. Pilih kebaya yang berbahan katun, warna-warna cerah, dan berlengan sebatas siku atau lengan pendek.

2. Warna kebaya katun yang ceria diberikan aksen bordir sulam benang motif bunga yang hanya menghiasi bagian-bagian tertentu saja, misalnya hanya bagian ujung lengan dan garis leher serta ujung bawah kebaya.

3. Banyak pilihan model kerah kebaya yang tetap menampilkan gaya dinamis dan muda. Mulai dari kebaya kutubaru, modifikasi, V-neck, atau kebaya encim yang kini semakin digandrungi.

4. Tak perlu bingung memadukan kebaya dan bawahan. Bisa hanya lilitan selendang kain batik yang dimodel asimetris, rok motif batik model clock warna konstras, maupun rok polos dalam nuansa warna senada kebaya.

5. Percantik dengan tas jinjing atau clutch dari bahan anyaman atau kulit dengan aksen motif kain daerah.

6. Aksesori pilih model ringan, misalnya hanya anting atau giwang warna kontras. Tak perlu memakai kalung, penampilan Anda terlihat simpel dan elegan.

7. Tata rias wajah dan rambut cukup simpel, hindari rambut terurai. Cukup dengan menarik kesamping rambut dan dibuat cepol yang praktis, lalu sisipikan hairpin model sederhana.(*)

 

Teks. Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY