Merawat Tubuh dengan Pijat Bali dan Ramuan Boreh

0
44
Ilustrasi - pixabay

Bila di Banjarmasin orang mengenal bedak dingin dan Jawa mengenal lulur sebagai salah satu bahan merawat tubuh, maka Bali memiliki boreh.

Seperti halnya lulur maupun mangir dari ranah Jawa yang diaplikasikan untuk kulit. Bedanya apabila lulur dan mangir berkhasiat bagi kehalusan kulit, maka boreh punya manfaat untuk kesehatan. Misalnya untuk bayi yang sedang pilek maupun flu, boreh tersebut dapat diaplikasikan pada bagian-bagian tertentu bayi. Selain itu boreh juga bermanfaat untuk masuk angin, juga menghilangkan rasa letih dan kram otak.

Salah satu keunikan dari boreh adalah rasa hangatnya yang dihasilkan. Rasa hangat ini berasal dari kandungan berbagai rempah seperti jahe, kencur, temulawak, mesoyi, cengkeh, pala, kapulaga, kayu manis, beras merah, kacang hijau, dan bahan lainnya.

Karena bahan-bahan boreh mudah ditemukan, tak jarang ibu-ibu yang tinggal di pedesaan, membuat sendiri boreh untuk bayinya itu. Bahkan, bila orang dewasa sendiri merasa kakinya dingin, mereka akan membuat boreh dan kemudian memborehkannya pada kaki untuk memberikan rasa hangat.

Jika penasaran dengan khasiat boreh, Anda bisa menyiapkan sendiri ramuan boreh sendiri di rumah. Caranya siapkan jahe, temulawak, mesoyi, cengkeh, pala, merica hitam, kapulaga, kayu manis, beras merah/putih. Kemudian rendam bahan-bahan tersebut lalu diulek hingga hancur. Setelah itu, balurkan di seluruh tubuh.

Pijat Bali

Bila Anda sedang berkesempatan untuk mengunjungi Pulau Dewata, tak ada salahnya untuk mencoba merilekskan tubuh dengan melakukan pijat Bali atau Balinese Massage. Ada segudang manfaat jika Anda melakukan pijat bali ini.

Kombinasi dari pemijatan dengan tekanan cukup kuat, peregangan, serta minyak esensial aroma therapi yang digunakan pada pijat bali berfungsi meningkatkan peredaran darah, oksigen, energi di sekitar tubuh. Itulah sebabnya, badan akan terasa lebih rileks dan enteng setelah melakukan ritual ini.

Balinese massage juga ampuh mengatasi kecelakaan pada saat olah raga, migrain, juga penyakit lain sepeprti sakit otot maupun sendi, gangguan tidur, stres, serta depresi,

Meskipun banyak manfaat, namun sebaiknya mereka yang hamil, pasca melahirkan, atau yang memiliki riwayat darah tinggi dan jantung memberi tahu terapis sebelum melakukan pijat bali. Ini semua dilakukan demi menghindari diri akibah hal negatif dari pijat atau minyak yang digunakan. (*)

 

Teks. Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY