Aromaterapi untuk Si Calon Pengantin

0
124

Bagi calon pengantin tak ada saat yang sangat mendebarkan selain menghitung hari menjelang saat hari H pernikahan. Berbagai rasa pun berkecamuk di dada. Bisa dipahami, momen pernikahan juga membawa serta berbagai perubahan baru yang tentu memengaruhi suasana hati dan emosi.

Semakin dekat saat mengucapkan ikrar suci perkawinan, semakin sulit untuk membuat rileks perasaan dan menenangkan pikiran. Tentu saja ini tak boleh terjadi berkepanjangan. Bisa-bisa justru berpotensi ‘merusak’ suasana yang semestinya diliputi aura penuh senyum bahagia.

Tak ada kata lain selain perlu menciptakan suasana yang menggiring atmosfer nyaman dan sekaligus menghembuskan ketenangan jiwa calon pengantin. Tentunya bisa dilakukan dengan sejumlah cara. Salah satunya, yang terbukti cukup ampuh efeknya, adalah dengan aromaterapi.

Aromaterapi, Menstimulasi Suasana

Wangi-wangian yang berformula sari minyak murni atau minyak esensial dari tanaman atau bunga tertentu bisa membantu merelaksasi otot dan pikiran, menyegarkan tubuh, serta mengurangi tingkat stres. Inilah yang secara ‘generik’ kerap disebut aromaterapi. Minyak esensial bersifat mudah menguap sehingga menyebarkan wewangian yang dapat digunakan untuk ‘memengaruhi’ suasana hati atau kesehatan, termasuk menstimulasi suasana jiwa untuk mengatasi tekanan batin atau stres, dan juga kegalauan.

Minyak esensial biasanya pemakaiannya diserap melalui kulit atau dihirup. Jika Anda memiliki lilin atau dupa aroma terapi, cukup membakarnya dan mencium aromanya sebagai pengharum ruangan. Gunakan aromaterapi dari esensial alami yang diambil langsung dari tumbuh-tumbuhan.

Hati-hati memilih aromaterapi yang banyak ditawarkan di apsaran, lantaran menggunakan esensial sintetis dari bahan kimia yang pada dasarnya tidak memiliki struktur aromatik sebagaimana yang terkandung dalam esensial alami. Wewangian melalui esensial sintetis bahan kimia seperti ini justru dapat memicu pusing.

Aromaterapi dan Ragam Wewangian

Berikut ini adalah jenis aroma wewangian dari minyak esensial alami yang bisa menstimulasi suasana nyaman, rileks, dan tenang. Mana salah satu diantaranya yang cocok dan Anda suka?

Lavender
Bagi Anda yang mengalami susah tidur akibat dirundung kegalauan, aroma dari minyak esensial bunga lavender dapat menenangkan hati. Sensasi lembut yang menenangkan dari aroma lavender menstimulasi perasaan rileks yang nyaman, sehingga Anda dapat menikmati tidur yang lebih nyenyak.

Lemon
Aroma yang dikeluarkan oleh lemon dapat memberi efek energi yang menenangkan dan mengangkat suasana hati. Sensasi menyegarkan yang sangat tajam dari aroma lemon dapat meningkatkan rasa semangat dan membantu mengusir penat dan kebosanan.

Chamomile
Seperti halnya lavender dan lemon, aroma esensial dari bunga chamomile dapat memberikan efek sensasi lembut yang menenangkan. Sejumlah produk kecantikan seperti body lotion pun tak luput dari penggunaan chamomile untuk menimbulkan efek tenang dan nyaman bagi penggunanya.

Peppermint
Aroma peppermint menciptakan sensasi segar dan menenangkan, diakui dapat meningkatkan daya ingat dan kewaspadaan. Aromaterapi yang satu ini cocok buat Anda yang menghadapai rasa lelah dan penat akibat memikirkan kegalauan hati. Aromaterapi peppermint dapat membantu menimbulkan efek kekuatan baru untuk berfikir positif. (*)

Teks: Tim Mahligai-Indonesia

LEAVE A REPLY