Khasiat Bedak Dingin untuk Perawatan Pengantin

0
552
Bedak Dingin
Ilustrasi Pandan, Bedak Beras, Melati, Mawar Merah, Beras, Bubuk Kunyit, Kenanga, Mawar Putih - Dok. Mahligai

Bedak dingin sekiranya masih asing ditelinga masyarakat perkotaan. Namun tidak demikian dalam keseharian wanita yang tinggal di wilayah pedesaan. Sejak dahulu kala, bedak dingin dikenal memiliki banyak khasiat untuk perawatan kecantikan. Mulai dari menghilangkan jerawat, hingga menghilangkan flek-flek hitam pada kulit wajah. Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bedak dingin mengandung amilosa, amilopektik, hydrazalided amylum dan asam kojik yang terbukti dapat memutihkan kulit. Tak pelak bila banyak calon pengantin memilih bedak dingin sebagai bahan perawatan kulit sebelum hari pernikahan.

Proses Pembuatan 

Kendati kini bedak dingin banyak dijual di pasaran, namun orang-orang terdahulu lebih senang membuatnya sendiri. Proses pembuatannya sendiri terbilang cukup mudah. Caranya, campurkan tumbukan beras sebagai bahan utama dengan bahan-bahan alami lain yang berfungsi menambah aroma wangi dan khasiat tertentu. Bahan alami tersebut antara lain:

– Pinang muda yang mengandung polyphenol, berkhasiat sebagai antioksidan dan tabir surya.
– Irisan daun pandan, selain menambah aroma harum juga memberi efek menenangkan.
– Kunyit membantu mengurangi jewarat karena berfungsi meredakan infeksi pada kulit.

Cara Pemakaian Bedak Dingin

Cara memakai bedak dingin juga terbilang sangat praktis. Tidak hanya dibalurkan pada wajah, bedak dingin juga sering digunakan untuk bagian tangan dan kaki. Berikut ini kami hadirkan pemakaian bedak dingin untuk lulur dan masker.

Lulur
– Cairkan beberapa butir bedak dingin dengan air atau air mawar hingga mengental.
– Oleskan campuran tersebut secara merata ke kulit tubuh dan biarkan mengering hingga beberapa menit sebelum dibersihkan.
– Setelah itu berendamlah dalam air hangat yang telah dicampur minyak esensial dari bunga-bungaan seperti melati atau mawar.
– Gosok kulit hingga bedak dingin luntur. Gunakan batu apung sebagai scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati
– Terakhir, pijat tubuh dengan aromatic oil favorit, misalnya lavender oil yang dapat menenangkan atau peppermint oil agar lebih bersemangat

Masker
– Bersihkan wajah dengan air hangat
– Ambil beberapa butir bedak dingin, cairkan dengan air hangat atau air mawar hingga menyerupai adonan.
– Oleskan pada wajah, terutama pada bagian yang berjerawat atau flek hitam. Diamkan hingga sekitar 30 menit.
– Setelah itu basuhlah wajah dengan air dingin. Lakukan setiap pagi dan malam hari hingga jerawat dan flek hitam di wajah berkurang.

 

Teks. Tim Mahligai-Indonesia

LEAVE A REPLY