Bunga Nusantara, Antara Semerbak dan Manfaatnya

0
35
Bunga nusantara
Foto: Istimewa

Nusantara ini memiliki banyak sekali jenis flora yang tumbuh dengan suburnya. Saking suburnya, beberapa jenis bisa dengan mudah ditemui di pinggir jalan, seperti melati, kamboja, dan bunga sepatu. Selain melati, bunga kamboja dan bunga sepatu bukahlah bunga nusantara. Namun keberadaanya sudah menjadi bagian dari kekayaan flora nusantara.

Ternyata, bunga-bunga nusantara ini tidak hanya indah dipandang mata, namun juga memiliki manfaat kecantikan. Rahasia kecantikan yang mengolah bunga sebagai bahan kecantikan sudah dilakukan beratus-ratus tahun lalu oleh nenek moyang kita, khususnya digunakan untuk para putri raja. Diolah secara tradisional, tanpa proses kimia maupun bahan pengawet sehingga langsung digunakan saat itu juga.

Bunga Melati, Bunga Nusantara Asli Indonesia

Bunga yang terkenal dengan keharumannya ini, memang banyak digunakan sebagai campuran dalam wewangian dan aromaterapi. Karena keharumannya mampu menenangkan, mengurangi ketegangan, meningkatkan gairah, dan bahkan mengurangi sakit saat datang bulan.

Untuk kecantikan kulit, ekstrak melati mampu menghaluskan, melembutkan, menangkal radikal bebas akibat sinar matahari, mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi kulit. Kemampuannya dalam memperbaiki proses metabolisme dan memperlancar peredaran darah, mampu menghancurkan racun yang berada di dalam lapisan kulit. Sehingga kulit tak saja lebih sehat tapi juga terlihat lebih cerah. Selain itu, kandungan zat antiseptik dan dermatitis-nya sangat baik bagi kulit sensitif dan mudah iritasi.

Bunga Kamboja, Kaya Vitamin E

Bagian bunganya, banyak dipilih sebagai formula utama dalam berbagai produk kecantikan. Karena kaya akan kandungan emolien dan vitamin E. Sehingga mampu melembapkan, melembutkan, menjaga elastisitas, menutrisi kulit, melindungi kulit dari bahaya penuaan dini dan efek negatif sinar UV. Selain itu, kandungan yang terdapat di dalamnya sangat mudah diserap oleh kulit, sehingga cepat terasa khasiatnya. Ekstrak kemboja tak hanya bermanfaat bagi kulit, namun rambut juga. Keharumannya yang mampu membawa ketenangan, menyegarkan dan menambah semangat, membuat kemboja banyak digunakan sebagai bahan utama minyak esensial, minyak pijat, garam mandi hingga minyak aromaterapi.

Bunga Sepatu dan Khasiatnya untuk Rambut dan Kulit

Oleh masyarakat India, kembang sepatu terkenal akan kemampuannya dalam merawat rambut. Mampu mengatasi ketombe dan rambut rontok serta mengembalikan kilau rambut kusam. Tapi, selain itu ekstrak kembang sepatu ini juga memiliki banyak manfaat bagi kulit, karena tinggi vitamin C dan emolien alami yang memiliki efek mirip dengan botoks namun secara alami. Mampu mengencangkan kulit, melembutkan serta menyamarkan garis kerutan pada wajah. Selain dua kandungan tadi, kembang sepatu juga mengandung Alpha Hidroxy Acids (AHAs) yang terbukti dapat mengangkat sel kulit mati, dan mempercepat sel regenerasi sel kulit. Kulitpun terlihat lebih awet muda dan sehat.

Tim Mahligai

 

LEAVE A REPLY